Segera Berlakukan Pajak Kemacetan, Begini Rancana Sandiaga Uno

Posted on

SURATKABAR.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memiliki rencana baru untuk mengatasi kemacetan yang kerap melanda jalanan di Jakarta.

Sandi mengatakan, ia akan memberlakukan congestion tax alias pajak kemacetan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-M.H Thamrin.

Congestion tax ini pajak untuk kemacetan,” ujar Sandi, Sabtu (11/11/2017) lalu, dilansir tempo.co.

Menurutnya, sejumlah negara telah memberlakukan pajak kemacetan untuk mengendalikan lalu lintas. Cara ini dinilai ampuh untuk mengurangi angka kemacetan di Jakarta.

Baca juga: Geger! Jokowi Didesak Segera Ganti Panglima TNI. Ada Apa?

“Di belahan dunia lain sudah ada. Nah, ini akan kami hadirkan supaya semakin banyak masyarakat beralih ke angkutan umum.” jelas Sandi.

Lebih lanjut, Sandi mengatakan bahwa pajak kemacetan ini akan diterapkan melalui electronic road pricing (ERP). Nantinya, seluruh kendaraan yang melalui Jalan Jenderal Sudirman-M.H. Thamrin akan dikenakan biaya.

Biaya yang harus dibayar pun akan makin tinggi jika makin banyak kendaraan di jalan tersebut. “Kita akan hajar (kemacetan) lewat ERP,” lanjutnya.

Selain untuk mobil, Sandi juga meminta agar aturan serupa juga diberlakukan untuk sepeda motor. Tujuan utamanya adalah mengurai kemacetan yang selama ini kerap terjadi. “Yang terpenting, kesemrawutan bisa kita tata dengan baik,” katanya.

Meski begitu, Sandi belum mengungkapkan kapan proyek ini akan mulai di berlakukan. Hanya saja, saat ini telah ada enam perusahaan yang mengikuti lelang untuk menjadi pengelola sistem tersebut.

“Teknisnya biar Pak Dishub yang akan sampaikan nanti,” tukas Sandi.

Tahun 2015 silam, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga mencanangkan program serupa. Bahkan, kala itu Ahok menyebut bahwa sistem ini akan diterapkan pada 2017.

“ERP tetap lanjut sampai siap terpasang,” tutur Ahok di gedung balai Kota Jakarta, 23 Desember 2015 silam.

Namun, hingga kini sistem pajak kemacetan dan ERP belum berhasil diterapkan di Jakarta.

Sumber : SuratKabar.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *