by

Sering ‘Kesetrum’ di Kaki, Ternyata Ada Cacing di Tulang Punggung

cacing_tulang_punggung_doktersehat_1
Photo Source: New England Journal of Medicine

DokterSehat.Com– Wanita berusia 35 tahun dari Prancis sering mengalami sensasi kesetrum dan rasa lemah lunglai pada kakinya sehingga kerap terjatuh. Setelah memeriksakan kondisi ini ke dokter, Ia terkejut tatkala tahu bahwa penyebabnya adalah larva cacing pita yang ada dalam tulang punggungnya.

Dilansir dari The Sun, wanita yang tidak disebutkan namanya ini berkunjung ke sebuah rumah sakit yang ada di kota Dijon. Ia tidak pernah pergi keluar Prancis namun pernah melakukan kontak, namun memiliki peliharaan berupa kucing dan sering melakukan kontak dengan sapi.

Dalam kasus yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul New England Journal of Medicine: Physical examination revealed impared sensasion in both leegs and weak foot flexion ini, dokter langsung melakukan beberapa tes pada tubuh sang wanita. Hasilnya adalah, terlihat jelas bahwa jumlah sel darah putih pada tubuhnya meningkat dengan tajam. Hanya saja, setelah tes MRI barulah diketahui apa penyebab pasti dari rasa nyeri pada tubuh sang wanita.

Hasil tes MRI pada tulang belakang bagian ke-9 atau tepatnya di tengah-tengah tulang punggung terdapat lesi. Setelah dicek lagi, lesi ini ternyata adalah larva cacing pita yang disebabkan oleh infeksi echinococcus granulosus, cacing pita berukuran sangat kecil yang biasa ditemukan di anjing dan hewan ternak. Yang menjadi masalah adalah, cacing ini bisa memicu penyakit echinococcosis, kemunculan kista pada paru, hati, sistem saraf, tulang, dan organ lainnya.

Penyakit ini bisa tidak menunjukkan gejala apapun. Setelah bertahun-tahun berkembang, barulah penderitanya menyadari bahwa mereka terinfeksi. Yang menjadi masalah adalah, penyakit ini juga termasuk sangat mematikan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed