by

Sesuai SUNNAH NABI, Ini Cara Membuat Sikat Gigi Sehat Sendiri

Sesuai SUNNAH NABI, Ini Cara Membuat Sikat Gigi Sehat Sendiri




  Yes  Muslim  – Siwak itu multifungsi, sebagai sikat sekaligus pasta giginya. Dan yang terpenting adalah siwak asli dari tanaman, sikat dan pasta gigi alami dari alam warisan Rasulullah SAW.

Ranting siwak berasal dari tanaman arok (Salvadora Persica) dengan diameter mulai dari 0,1 cm sampai 5 cm. Karena berasal dari ranting tanaman, maka dibutuhkan proses mengubah ranting ini menjadi sikat gigi.

Caranya mudah dan simpel sekali:

Siwak berasal dari tanah Arab. Di Indonesia, siwak bisa didapat di toko oleh-oleh khas haji, atau dibeli secara online. Silahkan search siwak, in syaa Alloh banyak yang menjual siwak dengan harga beragam. Pilih yang asli yah.

  • Rendam ujung siwak dengan air

Ambil gelas, isi air sedikit saja. Rendam salah satu ujung siwak. Rendam semalaman lebih baik. Perendaman dilakukan agar kayu siwak menjadi lembut dan mudah dibentuk menjadi sikat.

Kupas kulit siwak yang sudah direndam, sekitar 2 cm.

Pipihkan bagian yang sudah dikupas kulitnya. Bisa dengan digigit. Awal dibuat, siwak memang masih agak keras, setelah dipakai akan terbentuk sikat yang diingankan.

Cuci bersih siwak setiap kali selesai digunakan.

Perawatan siwak:

Simpan siwak di dalam wadah seperti gelas atau wadah lainnya. Pastikan ujung siwak yang sudah berbentuk sikat berada dibagian atas. Hal ini untuk menghindari agar sikat tidak ditempeli kuman yang ada didasar wadah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed