by

Setelah Olahraga Kenapa Mengantuk? Berikut Penjelasannya!

DokterSehat.Com– Olahraga adalah sebuah aktivitas yang sangat baik bagi kesehatan seseorang. Olahraga sendiri bisa terbilang sebagai salah satu cara mendapat kebugaran dan kesehatan paling mudah. Selain gratis, olahraga juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan bagi setiap orang untuk tidak berolahraga.

berhenti-olahraga-doktersehatPhoto Credit : pexels.com

Olahraga dikatakan sebagai aktivitas yang menyehatkan karena kalori dan racun yang bersarang di dalam tubuh akan terbuang bersama dengan keringat yang dikeluarkan. Maka dari itu, seusai olahraga, biasanya seseorang akan mengeluarkan banyak keringat serta merasakan kelelahan yang luar biasa. Tapi ada satu lagi efek dari olahraga, yakni rasa kantuk.

Anda pasti pernah mengalaminya, bukan? Setelah olahraga, rasa kantuk muncul kadang tak tertahankan. Sehingga banyak orang yang malamnya tidur sangat pulas setelah berolahraga. Apa yang menyebabkan kantuk tersebut datang?

Perlu diketahui, sebenarnya aktivitas olahraga tidak menimbulkan rasa kantuk, melainkan hanya rasa lelah akibat energi yang telah digunakan. Namun, kadang jika seseorang terlalu memaksakan alias memforsir tubuhnya untuk berolahraga, maka rasa lelah tersebut akan menjelma jadi rasa kantuk. Sebab, tubuh tak lagi memiliki cadangan energi yang tersisa.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed