by

Tak Cuma Lezat, Ini 4 Manfaat Ikan Sarden Bagi Kesehatan

Sarden adalah salah satu jenis ikan yang lezat dan cukup mudah ditemukan di pasaran. Tak hanya itu, sarden juga kaya akan nutrisi dan manfaat penting bagi kesehatan. Sudah tahu apa saja manfaat ikan sarden? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.

Manfaat ikan sarden yang mungkin belum Anda ketahui

1. Mencegah penyakit jantung

Sarden adalah satu satu sumber makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 yang terbaik. Asam lemak omega-3 mampu menyediakan berbagai manfaat penting bagi tubuh, di antaranya mampu mencegah penyakit jantung karena memiliki sifat antiradang, mengurangi risiko pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, serta telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tidak sehat dalam tubuh. Itu sebabnya ikan sarden dipercaya sebagai salah satu makanan penting untuk memperbaiki sistem jantung.

Salah satu kunci pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang normal yakni tercukupinya asupan asam lemak omega-3. Sayangnya, kandungan nutrisi ini tidak dapat diproduksi secara alami dalam tubuh. Untuk itu, Anda harus mencukupi asam lemak omega-3 dari suplemen dan makanan harian. Nah, ikan sarden bisa jadi jawabannya.

2. Mengatasi gangguan kecemasan dan depresi

Ternyata kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan sarden juga dapat mengatasi gangguan suasana hati seperti kecemasan dan depresi. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa omega-3 bermanfaat pada kesehatan mental seseorang. Pasalnya, zat gizi ini akan bekerja secara maksimal dalam menjaga fungsi otak dan memperbaiki suasana hati.

Temuan ini diperkuat dengan fakta bahwa otak manusia banyak tersusun atas lemak sehingga memperoleh asupan lemak dengan jumlah yang tepat sangat penting bagi terciptanya sistem saraf pusat serta suasana hati yang baik.

3. Sumber berbagai vitamin dan mineral

Manfaat ikan sarden lainnya yang tak kalah penting bagi tubuh yakni kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Jenis ikan ini memasok banyak vitamin B12 maupun vitamin D. Vitamin B12 berguna untuk menjaga fungsi saraf, merawat otak, bahkan membantu pembentukan sel dalam darah.

Maka dari itu, tubuh akan mengalami berbagai gangguan kesehatan jika kandungan vitamin ini tidak tercukupi dengan baik, seperti kerusakan saraf, gangguan fungsi mental, sel kekurangan oksigen, serta kelelahan kronis. Sementara vitamin D memiliki peran penting dalam menjaga kekuatan tulang Anda sehingga akan menurunkan kemungkinan terserang osteoporosis.

Tak berhenti sampai disitu, sarden masih menawarkan “harta”-nya yang kaya akan sumber mineral. Dilansir dari laman Healthy Eating, satu kaleng ikan sarden mampu menyumbang kandungan fosfor sebanyak 451 miligram dari sekitar 700 miligiram fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh per hari. Selain itu, kandungan mineral lain yang terdapat dalam ikan sarden yakni magnesium, kalium, seng, besi, dan niasin.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed