by

Telur Ayam, Bebek, Puyuh, dan Telur Asin, Mana yang Paling Bergizi?

doktersehat-gizi-berbagai-telur
Photo Credit: Flickr.com/Rob and Stephanie Levy

DokterSehat.Com– Telur jenis apa yang paling sering Anda konsumsi? Kita tentu tahu ya bahwa ada berbagai jenis telur yang cukup mudah kita peroleh. Mulai dari telur ayam bebek, puyuh hingga produk olahan yaitu telur asin. Namun, tahukah Anda telur mana yang paling sehat untuk kita konsumsi?

Meskipun sama-sama telur, namun masing-masing jenisnya tentu memiliki perbedaan kandungan gizi ya. Hal ini sangat dipengaruhi oleh jenis unggas atau pengolahan yang dilakukan pada telur.

Lalu, apa saja sih bedanya?

1. Telur ayam tinggi vitamin A

Berdasarkan data dari US Departement of Agriculture, dalam 100 gram telur atau setara dengan 2 butir telur ukuran sedang, terdapat 12,5 gram protein.

Selain itu kandungan gizi unggulan pada telur ayam adalah adalah vitamin A, yaitu sebesar 520 IU vitamin A. Sedangkan kandungan kolesterol yang ada pada 100 gram telur ayam adalah 373 mg.

2. Telur bebek sumber protein

Dalam 100 gram telur bebek setara dengan 2 butir telur ukuran kecil, terdapat kandungan protein lebih tinggi yaitu sebesar 12,8 gram.

Hal ini menyebabkan kandungan kolesterol pada telur bebek juga sedikit lebih tinggi dari telur ayam. Kandungan vitamin A yang ada pada telur bebek cukup tinggi meskipun tidak sebesar telur ayam yaitu 471 IU.

3. Telur puyuh memiliki kandungan kolesterol paling tinggi

Meskipun ukurannya kecil, jangan remehkan kandungan gizi telur puyuh. Dalam 100 gram telur puyuh, setara 10-13 butir telur puyuh kandungan gizinya hampir sama dengan telur ayam.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed