by

TERNYATA… 4 Bank Asing Ikut Akuisisi 51% Saham Freeport, Harganya 2X Lipat

  Yes  Muslim  – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebut lebih dari 4 bank asing siap bergotong-royong bersama bank nasional untuk menyalurkan kredit sindikasi untuk akuisisi PT Freeport Indonesia.
Deputi Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno, mengemukakan total jumlah bank yang akan melakukan kredit sindikasi ke PT Inalum (Persero) sebagai eksekutor akuisisi.
“Banknya bisa nambah bisa kurang. Ada luar negeri ada dari dalam negeri. Bank asing lebih dari 4 bank,” ungkap Fajar usai rapat kerja bersama Komisi VI DPR, Rabu (11/7/2018).

Pada kesempatan berbeda, PT Inalum (Persero) mengklaim memiliki dana tunai Rp 20 triliun untuk melakukan akuisisi divestasi saham PT Freeport Indonesia. Inalum menyebut telah mendapatkan ‘harga bagus’.

“Inalum sekarang punya cash Rp 20 triliun di deposito. Kalau sebagai orang bank kan bisa ambil dikali tiga, buat dipinjam. Jadi (bisa dapat utang) Rp 60 triliun. Cukuplah itu (untuk beli saham Freeport). Kita dapat harga di bawah, harga bagus,” ujar Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin.

Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dana untuk pengambilan divestasi saham 51% merupakan pinjaman sindikasi 11 bank baik nasional maupun asing.

Harga 51% Saham Freeport Rp 55 T Mahal, Jangan Gegabah

Pada Kamis (12/7/2018), Kementerian Keuangan (Kemkeu), Kementerian BUMN, Kementerian ESDM dan PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) serta Freeport McMoRan.inc (FCX) menandatangani Head of Agreement (HoA)) untuk menyepakati pokok-pokok divestasi saham 51% Freeport Indonesia. HoA tersebut mengikat harga divestasi saham 51% senilai US$ 3,85 miliar atau Rp 55 Triliun lebih.

Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS) Marwan Batu Bara menilai harga divestasi ini terlalu mahal. Seharusnya, kata dia, pemerintah bisa dan harus meminta harga yang jauh lebih rendah. Menurutnya saham Freeport semestinya hanya berkisar US$ 1-1,5 miliar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed