by

Tidak Hanya dari Daging, Zat Besi Juga Bisa Diperoleh dari Makanan Vegan ini

doktersehat-diet-vegan

DokterSehat.Com– Daging merupakan sumber protein dan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga para ahli gizi menyarankan seseorang untuk mengonsumsi daging secara rutin. Sebab, jika seseorang kekurangan zat besi, maka bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti sesak napas, anemia, serta pusing. Namun, bagaimana dengan vegetarian yang tidak bisa mengonsumsi segala jenis daging?

Bagi Anda yang termasuk vegetarian, Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab ada beberapa jenis makanan vegan yang ternyata memiliki kandungan zat besi lebih tinggi dibandingkan dengan daging. Berikut diantaranya:

1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang mengandung zat besi tinggi, salah satunya adalah kacang lentil. Kacang lentil tidak hanya mengandung zat besi saja, melainkan juga mengandung protein. Anda bisa mengonsumsi jenis kacang ini minimal dalam porsi satu gelas, karena di dalam satu gelas kacang lentil yang sudah dimasak, mengandung 6.6.mg zat besi. Tidak hanya itu, kacang lentil juga bisa memenuhi kebutuhan asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan.

2. Gandum

Gandum memiliki kandungan karbohidrat serta nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Umumnya, gandum dikonsumsi oleh para pelaku diet yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Sebab, di samping mengandung kalori rendah, makanan ini juga kaya akan serat dan zat besi yang menjadikan perut kenyang lebih lama. Konsumsi gandum untuk sarapan di pagi hari, maka akan membuat Anda kenyang dan energik dalam waktu yang lebih lama.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed