by

Wow!! Selain Pelengkap Menu Lebaran, Ketupat Ternyata Punya Makna Lain di Dunia Magis

via instagram.com

Serumpi.com – Menjelang hari lebaran, ketupat sudah pasti menjadi menu yang tersiap di meja makan. Seakan telah melekat erat dan menjadi budaya seluruh masyarakat Indonesia, ketupat menjadi sajian wajib saat lebaran tiba. Uniknya, ketupat ternyata nggak cuma sekedar menjadi menu wajib saat lebaran, melainkan juga memiliki makna lain di dunia magis.

Melansir dari tribunnews.com, Ketupat menjadi panganan yang wajib di sajikan setiap lebaran tiba. Tak hanya di Indonesia, bahkan di beberapa negara islam lainnya, ketupat juga menjadi menu khas saat lebaran tiba. Selain sebagai panganan dan pelengkap menu, rupanya ketupat juga memiliki kegunaan lain. Penasaran? Yuk simak ulasannya!

Baca Juga: Beda Keyakinan dengan Sang Ibu, Kisah Reza Rahadian Menemukan Islam ini Asli Menginspirasi

1. Jimat

via youtube.com

Pada beberapa kalangan di Pulau Jawa, ketupat sering digantung di atas pintu masuk rumah sebagai semacam jimat. Bahkan terdapat masyarakat yang memegang tradisi untuk tidak membuat ketupat di hari biasa, sehingga ketupat hanya disajikan sewaktu lebaran dan hingga lima hari (Jawa, sepasar) sesudahnya, dalam hal ini ketupat ada yang digantung di atas pintu dan digunakan sebagai jimat.

2. Sajen

via instagram.com

Di pulau Bali, ketupat (di sana disebut kipat) sering dipersembahkan sebagai sesajian upacara. Selain untuk sesaji, di Bali ketupat dijual keliling untuk makanan tambahan yang setaraf dengan bakso, ketupat biasanya banyak dijajakan di sekitar pantai Kuta.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed