WOWW FANTASTIS!!!! Ambergris, Muntahan Paus Berharga Selangit !!!!

Posted on

Rakyat Jakarta – Apapun yang berhubungan dengan kotoran, termasuk muntahan pasti akan dianggap menjijikan. Namun lain cerita dengan muntahan ikan paus alias ambergris karena dinilai punya nilai jual tinggi mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Seperti yang ditemukan nelayan asal Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu bernama Sukadi pada 2 November 2017 lalu. Sebanyak 200 kilogram benda mengapung berhasil ia bawa pulang dari tengah Samudra Hindia ketika tengah melaut bersama empat temannya.

Awalnya, ia mengira bogkahan yang bertebaran dilautan itu adalah limbah. Ia kemudian memungutnya dengan tujuan membersihkan laut. Setelah dikumpulkan di perahu dan dibawa ke darat, Sukadi baru mengetahui jika benda tersebut adalah muntahan paus yang jika dijual bernilai tinggi. Ia menyadarinya setelah menonton video di YouTube. Temuan Sukandi tersebut langsung membuat heboh masyarakat.

Muntahan paus untuk pembuatan parfum

Dari penjelasan Sukandi, diungkap jika muntahan paus temuannya berwarna putih bercampur kekuningan. Jika diraba, terasa kenyal seperti lilin. Bahkan saat dipanaskan, ia akan meleleh dan dapat menghidupkan api.

Dari penelusuran rilis.id di berbagai sumber, muntahan paus alias ambergris adalah zat yang menumpuk di dalam usus paus. Setelah beberapa lama zat tersebut menjadi padat seperti lilin dan berbentuk bongkahan.

Muntahan paus memang memang disebut berharga jual tinggi. Tak tanggung-tanggung, per kilogramnya, jika dijual ambergris bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Mengapa harga ambergris begitu mahal?
***

Ternyata ambergris punya peran penting dalam industri parfum kelas dunia. Zat inilah yang digunakan sebagai bahan pembuatan parfum. Pasalnya, ambergris mampu memberikan wangi yang khas dan digemari oleh banyak orang. Parfum dari produk ternama dengan cita rasa tinggi seperti Channel dan Lanvin bahkan memanfaatkan ambergis untuk menciptakan aroma harum bagi kulit manusia.

Bagi para pencinta parfum, mereka mampu mendeteksi wangi khas ambergris dan rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk satu ons ambergris.
***

[rilis]

Previous articleALHAMDULILLAH!!!! Wakapolri :Warga Timika yang Disandera TERORIS OPM Telah Dievakuasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *