by

yang Muda yang Inspiratif : Azalea Ayuningtyas, Hanna Keraf dan Du’Anyam

Halo guys, kali ini mimin ingin membahas perjuangan anak muda Indonesia untuk tanah air. Salah satunya dua sosok perempuan inspiratif bernama Azalea Ayuningtyas dan Hanna Keraf.

Hanna Keraf dan Azalea Ayuningtyas

Siapakah mereka dan aksi besar apa yang udah mereka kerjakan? Simak kisahnya!

Ayu dan Hanna, nama panggilan keduanya, adalah sepasang sahabat yang punya ketertarikan di bidang yang sama, selain traveling mereka juga aktif di bidang sosial.

Contohnya aja proyek Tour De Musée, proyek yang dikhususkan untuk merangkul anak-anak jalanan.

Berkuliah di negara yang berbeda, proyek yang dibentuk Ayu dan Hanna pun sempat terhenti di tengah jalan.

Ayu yang menuntaskan kuliah S2-nya di Harvard, kampus bergengsi dengan jenjang karier menggiurkan di Boston, USA. Bertekad meninggalkan karier yang mapan. Ayu justru kembali ke tanah air dengan ide besar untuk membantu orang-orang yang kurang mampu di Indonesia.

Bertolak ke tanah leluhur Hanna di Flores. Ayu dan Hanna menemukan satu problem serius yang dihadapi para mama-mama di Flores. Yakni, angka kematian ibu dan anak yang masih sangat tinggi.

Semua itu disebabkan faktor ekonomi yang rendah, kurangnya edukasi hingga tak ada asupan gizi yang mencukupi di masa kehamilan.

“Ketika pertama kali mendatangi salah satu desa di Kabupaten Sikka, saya mendengar langsung bagaimana seorang perempuan yang sedang dalam kehamilannya yang ketujuh, pernah mengalami keguguran dan nyaris meregang nyawanya. Ia tidak berani mengambil keputusan untuk berhenti hamil sesudah kehamilannya yang ketujuh tersebut,” jelas Hanna, dikutip dari Harper’s Bazaar.

Saat itu juga, keduanya menyadari jika masih sangat banyak perempuan di pelosok Indonesia yang tidak mampu mengambil keputusan akan rahimnya sendiri. Karena tidak adanya kemampuan ekonomi mandiri, para wanita masih bergantung pada suami untuk kelangsungan hidupnya.

Setelah berbagai riset, Ayu dan 6 orang teman lainnya (termasuk Hanna) membentuk Du’Anyam, portal online yang menjual berbagai karya anyam dari mama Flores.

Fyi : Menganyam sudah jadi ilmu turun-temurun leluhur yang mulai ditinggalkan para kaum muda di sana dengan alasan kurang menghasilkan uang.

Sayangnya, kurangnya minat para perempuan muda enggak berbanding lurus sama bahan baku yang tumpah ruah di sana. Yups! Daun lontar jadi bahan anyam yang berlimpah di Flores.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed