by

3 Manfaat Makan Malam Lebih Awal untuk Kesehatan

DokterSehat.Com– Selain sarapan, makan malam juga kerap dihindari oleh para pelaku diet karena dianggap dapat meningkatkan berat badan. Untuk itu, mereka memilih untuk makan pada jam-jam tertentu saja, seperti siang dan sore. Makan malam sebenarnya tidak serta merta dapat meningkatkan berat badan, asalkan makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Photo Credit : pixabay.com

Selain itu, makan malam juga bermanfaat untuk memberikan energi pada tubuh. Karena seperti yang Anda ketahui bahwa seseorang juga membutuhkan energi walaupun dalam keadaan tertidur. Anda hanya perlu makan malam lebih awal saja, yakni tidak lebih dari jam 7 malam. Apalagi, jika makanan yang Anda konsumsi adalah makanan berat, maka usahakan untuk tidak makan menjelang tidur. Perlu Anda ketahui bahwa makan malam lebih awal akan memberikan 3 manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

Tidak sedikit orang menghindari makan malam karena takut mengalami kegemukan atau yang biasa disebut dengan obesitas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan malam memiliki hubungan dengan penyakit obesitas. Hal ini dikarenakan sistem metabolisme tubuh menjadi lambat, serta sistem pencernaan tidak dapat berlangsung dengan baik pada saat malam hari. Untuk menghindari masalah tersebut, Anda disarankan untuk makan malam lebih awal.

  • Menghindari Makan Berlebihan

Manfaat makan malam lebih awal selanjutnya adalah dapat menghindari makan secara berlebihan. Hal tersebut terjadi karena jarak antara waktu makan siang dengan makan malam sangat dekat. Jarak waktu makan yang cukup dekat tersebut membuat perut Anda tidak akan terasa terlalu lapar di malam harinya, sehingga Anda bisa meminimalisir porsi makanan yang akan Anda konsumsi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed