by

3 Perubahan Yang Terjadi Pada Bulan Pertama Diet Vegetarian

DokterSehat.Com– Apakah Anda tertarik mencoba diet vegetarian? Diet yang sering dianggap diet yang paling sehat ini seakan sudah menjadi gaya hidup. Tidak heran jika semakin banyak orang ingin menerapkan diet vegetarian. Namun sebelum Anda mencobanya, ketahui dulu apa yang akan terjadi pada tubuh Anda pada bulan pertama penerapan diet vegetarian.

doktersehat-wanita-makan-salad-sayur-buah-tulang-gigiDilansir dari Health.com, inilah tiga hal yang akan terjadi pada tubuh Anda saat menerapkan diet vegetarian:

1. Perubahan berat badan

Meskipun tidak drastis, namun pola makan vegetarian dalam satu bulan tentu akan memengaruhi berat badan tubuh. Namun perubahan ini bukan berarti berat badan turun ya. Pada bulan-bulan awal penerapan diet vegetarian, nafsu makan yang masih beradaptasi dengan diet dapat menyebabkan berat badan berkurang atau malah bertambah. Hal ini masih wajar terjadi namun untuk selanjutnya kita perlu mengevaluasi penerapan diet vegetarian yang tepat agar manfaat diet vegetarian optimal.

2. Sering mengalami craving

Beberapa orang yang menerapkan diet vegetarian pada awal penerapannya kerap mengalami craving makanan yang kaya rasa, misalnya makanan manis, gurih atau berbumbu rempah. Hal ini disebut lumrah terjadi karena setelah sebulan menerapkan diet vegetarian indra perasa, utamanya kecap, jadi sangat menginginkan makanan yang kaya rasa.

3. Gangguan pencernaan seperti perut kembung dan bergas

Asupan serat yang cukup banyak dalam jangka waktu satu bulan tentu akan memengaruhi pencernaan. Umumnya hal yang terjadi adalah perut mengalami kembung dan bergas. Hal ini dapat terjadi karena asupan makanan hewani yang rendah. Jika kondisi ini sangat mengganggu maka berkonsultasilah dengan dokter atau dietitian untuk mengatasinya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed