by

4 Makanan Yang Ampuh Sembuhkan Flu

DokterSehat.Com– Saat mengalami flu, hidung yang tersumbat dan kondisi suhu tubuh yang meriang tentu akan membuat nafsu makan kita jadi menurun ya. Hal ini menyebabkan tubuh semakin tidak fit dan tentu akan memperlambat proses penyembuhan. Untuk itu ada baiknya kita memilih makanan-makanan tertentu yang ampuh menyembuhkan flu. Apa sajakah makanan tersebut?

doktersehat-blueberryKatherine Brooking , dietitian dari WebMD menyebutkan beberapa jenis makanan memiliki kandungan gizi dan senyawa yang mampu melawan flu hingga mempercepat penyembuhannya. Makanan-makanan tersebut adalah:

1. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan bakteri baik yang akan mendukung imunitas tubuh yang optimal. Pilih yoghurt yang tinggi kalsium karena yoghurt tersebut memiliki kandungan zink yang juga baik untuk meningkatkan fungsi imun tubuh. Konsumsi yoghurt pada pagi hari atau sebagai makanan penutup akan sangat baik untuk menyembuhkan flu.

2. Teh

Minuman yang paling banyak digemari ini kaya akan kandungan antioksidan flavonoid yang telah terbukti akan meningkatkan fungsi imun tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa imunitas yang diperoleh dari teh mampu melawan bakteri dan virus dalam tubuh. Pilih jenis teh hitam atau teh oolong untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal.

3. Makanan berbumbu rempah

Bumbu rempah seperti lada, jahe bubuk atau bubuk cabai memiliki kandungan anti inflamasi yang juga mampu meningkatkan imunitas tubuh. Tambahkan bubuk rempah tersebut di atas makanan atau minuman untuk membantu penyembuhan flu.

4. Blueberi

Anda sering mengonsumsi blueberi? Dari warnanya saja kita tentu tahu bahwa blueberi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut juga diiringi dengan adanya senyawa quercentin yang berfungsi sebagai antihistamin untuk meredakan gejala flu seperti hidung dan mata yang berair.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed