by

5 Keuntungan Jika Punya Postur Tubuh Ideal Bagi Kesehatan

Memperbaiki postur tubuh bukan hanya sekadar membenarkan posisi tubuh dalam melakukan suatu gerakan. Namun, menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Sebab postur tubuh ideal memberikan pengaruh pada kesehatan fisik dan mental Anda. Penasaran apa saja manfaatnya memiliki postur tubuh ideal? Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat memiliki postur tubuh ideal untuk kesehatan Anda

Postur tubuh adalah posisi saat Anda melakukan berbagai gerakan, seperti duduk, berbaring, berdiri, berlari, dan masih banyak lagi. Ketika Anda memiliki postur tubuh yang baik dan ideal, beban dan ketegangan yang diberikan pada otot dan ligamen lebih sedikit.

Namun sebaliknya, jika postur tubuh buruk maka tekanan pada otot dan ligamen akan lebih besar diberikan. Ini akan berdampak buruk bagi kesehatan jika Anda tak kunjung memperbaiki postur tubuh.

Berikut manfaat memiliki postur tubuh ideal pada kesehatan Anda.

1. Melancarkan pernapasan

Postur tubuh yang baik membuat pernapasan Anda menjadi lebih lancar. Berdiri atau duduk dengan postur yang benar, memungkinkan paru-paru mengambil lebih banyak oksigen sekitar 30 persen.

Selain itu, diafragma dan tulang rusuk lebih sedikit mendapat tekanan sehingga lebih efektif dalam mengatur aliran oksigen dan karbon dioksida ke seluruh tubuh

Sementara bila postur tubuh bungkuk saat duduk, aliran udara menjadi terhambat. Pasalnya diafragma mendapat lebih banyak tekanan dan tulang rusuk menjadi lebih sempit menyediakan ruangan peredaran udara.

Nah, bila ini terjadi, asupan oksigen yang seharusnya Anda dapatkan menjadi berkurang. Jika dibiarkan, sel dan jaringan bisa saja kekurangan oksigen dan akhirnya muncul gangguan fungsi tubuh.

2. Jadi lebih fokus

Postur tubuh yang baik dapat melancarkan pernapasan, juga berefek pada otak Anda. Saat oksigen tercukupi dengan baik, membuat otak jadi bekerja lebih efektif, sehingga Anda lebih fokus.

Saat sore hari, biasanya stamina dan tingkat fokus Anda menjadi menurun. Anda mulai mengantuk dan menguap. Hal ini sebenarnya tanda bahwa tubuh kekurangan oksigen. Jadi, bila postur tubuh baik, oksigen yang masuk lebih banyak, maka Anda akan jadi lebih fokus meski sudah sore hari.

3. Mengurangi sakit kepala

Bila Anda sering merasakan sakit kepala tegang, postur tubuh yang buruk bisa jadi penyebabnya. Sakit kepala ini menyebabkan adanya tekanan di sekitar dahi atau bagian belakang kepala dan leher.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed