by

5 Tips Tetap Makan Enak Meski Anda Punya Diabetes

Kalau sudah kena diabetes tidak bisa makan enak? Jangan sedih dulu. Meski punya diabetes, para diabetesi bisa kok makan dan #HidupEnak. Kuncinya adalah jadwal, jumlah, dan jenis makananan yang Anda makan. Makan enak untuk diabetes bukan hal yang tidak mungkin, berikut tips dan triknya.

1. Perhatikan jumlah isi piring Anda

Tidak usah pusing-pusing tidak boleh makan ini dan itu, prinsipnya saat makan isi piring Anda dengan:

  • seperempat bagian adalah protein yang rendah lemak, seperti daging sapi tanpa gajih, daging ayam tanpa kulit, dan ikan.
  • seperempat penuhi dengan karbohidrat kaya serat, misalnya nasi merah atau roti gandum.
  • setengahnya isi piring dengan sayuran.

Tambahkan air putih sebagai minuman yang menyegarkan dan buah segar sebagai dessert. Cara ini ampuh membuat diabetesi #HidupEnak tanpa pusing

2. Ganti pilihan makanan yang biasa dikonsumsi

Tak hanya komposisi yang harus diperhatikan tapi jenis makanan juga memengaruhi apakah Anda bisa hidup enak dan sehat. Jadi, mulai sekarang pilih makanan yang tepat dan lakukan tips ini:

  • Ganti minuman manis dengan air mineral. Anda bisa menambahkan perasan jeruk agar tambah menyegarkan.
  • Alih-alih makan es krim yang tinggi gula, pilih yogurt beku yang rendah lemak dan gula.
  • Lauk-pauk yang biasanya digoreng, ganti dengan lauk yang dipanggang, direbus, atau dikukus.
  • Pilih produk makanan yang rendah lemak daripada produk yang kaya lemak. Contohnya, misal susu rendah lemak atau susu skim.
  • Penuhi kebutuhan lemak dari lemak dari kacang-kacangan, olive oil, alpukat, atau minyak ikan. Daripada memenuhi kebutuhan lemak dari makan gorengan
  • Daripada makan daging kalengan sehari-hari, lebih baik ganti dengan daging segar, ikan, daging ayam tanpa kulit

3. Buat jadwal makan yang jelas

Penting untuk membuat jadwal makan yang jelas. Ingat, yang harus diperhatikan untuk para diabetesi selain jenis makananya juga waktu makannya. Ketahui jarak makan besar, dengan makan ringan.

Contohnya, karena Anda cenderung selalu merasa lapar, Buatlah jadwal makan 6 kali, 3 kali makan besar dan 3 kali makan camilan. Sekitar pukul berapa Anda akan makan besar, dan sekitar jam berapa akan makan snack.

Mungkin ini terlihatnya sepele dan hanya membuat susah tapi dengan memiliki perencanaan maka Anda akan terbiasa dengan aktivitas ini. Lama kelamaan ini menjadi rutinitas Anda yang tidak perlu diatur-atur lagi kedepannya. Dengan begitu, makan enak untuk diabetes bukan lagi tak mungkin.

4. Jangan mudah mempercayai mitos seputar makanan seperti ini

Bagi para diabetesi kalau mau tetap makan enak, jangan mudah percaya mitos yang asal usulnya tidak jelas. Ini justru bisa menyiksa diri sendiri. Ini mitos yang sering terjadi:

Mitos: Harus menghindari karbohidrat

Faktanya, karbohidrat tetap dibutuhkan dan tidak boleh dihilangkan dalam jumlah besar lho. Kuncinya adalah jenis karbohidrat dan jumlah atau porsi karbohidrat yang Anda makan.

Pilihlah jenis karbohidrat yang tinggi serat, dicerna perlahan dalam tubuh, dan dapat menjaga kestabilan gula darah. Contohnya yang bisa Anda temui dengan mudah nasi merah, ubi jalar, roti gandum, dan oatmeal.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed