by

8 Cara Deteksi Dini Kanker di Jantung Anda

DokterSehat.Com– Tumor yang juga disebut sebagai myxomas bisa jadi ganas atau jinak. Tumor ganas itu bersifat kanker. Ada dua jenis kanker jantung: primer dan sekunder.

doktersehat-sakit-paru-dada-jantungKanker jantung primer mengacu pada kanker yang berasal dari jantung, sementara kanker sekunder mengacu pada kanker yang dimulai di tempat lain di tubuh Anda dan sejak itu telah pindah ke jantung Anda.

Myxomas paling sering muncul di atrium kiri jantung; Inilah bagian jantung yang menerima oksigen dari paru-paru. Jika Anda khawatir bahwa Anda mungkin menderita kanker jantung, penting untuk mengetahui gejala apa yang harus diwaspadai, dan juga bagaimana menjadwalkan janji bertemu dokter agar dapat membantu Anda mendiagnosa kondisi Anda. Berikut delapan cara mendeteksi dini kanker di jantung Anda, speerti dilansir dari Wiki How.

1. Pahami bahwa beberapa orang tidak akan mengalami gejala

Seseorang yang menderita kanker jantung, mungkin sebenarnya tidak memiliki gejala. Jika Anda pikir Anda mungkin terkena kanker jantung, konsultasikan dengan dokter Anda. Namun, beberapa gejala umum yang telah terjadi karena kanker jantung tercantum pada langkah-langkah berikut.

Ingatlah bahwa gejala ini juga bisa menjadi gejala kondisi medis yang berbeda, jadi jika Anda mengalami beberapa gejala ini, hubungi dokter Anda dan siapkan beberapa tes.

2. Pantau nyeri dada yang Anda alami

Jika Anda menderita kanker jantung, Anda mungkin mengalami rasa sakit yang hebat di dada Anda. Ketika tumor kanker tumbuh, ia dapat menyebabkan air menumpuk di daerah tersebut, terutama jika tumor terletak di perikardia (berada di membran yang terletak di sekitar jantung).
Akumulasi air ini dapat memengaruhi seberapa efisien jantung memompa darah, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rasa sakit.

Rasa sakit ini harus muncul di bagian tengah dada Anda, tapi juga bisa dialami di bagian lain tubuh Anda. Anda mungkin merasa sakitnya terasa lega saat Anda duduk.

Jika Anda mengalami nyeri dada yang kuat, langsung larikan ke ruang gawat darurat, karena rasa sakit itu mungkin disebabkan oleh kondisi medis yang berbeda, seperti serangan jantung.

3. Kenali sesak napas

Anda mungkin mulai merasa sesak napas jika terkena kanker jantung karena sel kanker bisa memengaruhi cara sirkulasi terjadi di tubuh Anda. Ini bisa membatasi jumlah oksigen yang bisa Anda bawa ke tubuh Anda.

Napas yang pendek ini mungkin terasa seperti Anda tidak dapat menahan napas, bahkan saat mengerahkan hanya usaha minimal atau hanya berbaring. Hal ini juga bisa menyebabkan kelelahan yang hebat saat melakukan aktivitas fisik.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed