by

Anak Minum Susu Sebaiknya di Pagi atau Malam Hari, Ya?

Minum susu baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Untuk mendapatkan manfaat minum susu, sebagian orangtua percaya bahwa pagi hari adalah waktu yang tepat untuk anak minum susu, sedangkan sebagian lainnya lebih mengutamakan malam hari. Lantas, adakah waktu terbaik untuk anak minum susu? Lebih baik saat pagi atau malam hari, ya? Yuk, cari tahu lewat ulasan berikut ini.

Anak minum susu di pagi hari, apa dampaknya untuk kesehatan?

Susu adalah salah satu minuman terbaik yang kaya vitamin dan mineral, di antaranya kalium, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, dan sebagainya. Kalau anak minum susu sebelum beraktivitas di pagi hari, ini artinya Anda sudah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral si kecil lebih awal.

Sebuah studi yang dilansir dari Dairy Council of California menunjukkan bahwa orang yang rutin minum susu saat sarapan mendapatkan lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan daripada orang yang jarang minum susu di pagi hari.

Dalam satu gelas susu terdapat delapan gram protein yang berperan untuk menguatkan tulang, otot, dan sistem kekebalan tubuh anak. Selain itu, kandungan protein dalam susu juga membuat perut di kecil terasa kenyang lebih lama. Jadi, bila Anda rutin memberikan susu untuk si kecil setiap pagi, ia tidak akan mudah lapar hingga waktunya makan siang.

Tak hanya itu saja kebaikan yang didapatkan, menurut Frank Greer, M.D., ketua American Academy of Pediatrics’s Committee on Nutrition, kebiasaan anak minum susu di pagi hari dapat membantu melancarkan aktivitas saraf dan otak si kecil. Hal ini bermanfaat bagi anak untuk lebih mudah menyerap segala informasi yang ada di sekitarnya dan membantu perkembangan belajarnya.

Namun, di samping semua manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan anak minum susu di pagi hari, Anda tetap perlu berhati-hati. Anda tidak dianjurkan untuk memberikan susu menjelang waktu makan utamanya. Pasalnya, kandungan protein dan lemak dalam susu membuat anak merasa kenyang sehingga malah membuatnya menjadi malas makan.

Selain itu, sebaiknya anak minum susu tidak langsung setelah makan makanan yang mengandung zat besi, misalnya daging merah atau sayur-sayuran hijau. Hal ini disebabkan karena zat besi dapat dihambat penyerapannya oleh susu dalam tubuh si kecil. Akibatnya, anak rentan terkena anemia dalam waktu yang bersamaan.

minum susu pakai gelas

Lalu, bagaimana jika anak minum susu tiap malam? Apa dampaknya?

Menurut pakar gizi Leona Victoria Djajadi, MND, waktu terbaik untuk minum susu adalah malam hari sebelum tidur. Saat si kecil tidur, tubuh melepaskan hormon pertumbuhan lebih cepat sehingga kalsium dari susu dapat digunakan secara maksimal dalam menguatkan tulang anak.

Coba perhatikan pola tidur anak Anda setiap malam setelah rutin memberikannya susu sebelum tidur. Anda akan menemukan anak tidur lebih nyenyak dan jarang terbangun di tengah malam.

Hal ini disebabkan karena susu, terlebih susu hangat, dapat membantu mengendurkan otot-otot tubuh si kecil menjadi lebih rileks dan nyenyak saat tidur. Tidak hanya itu, susu juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan anak, lho! Maka tak heran bila nanti si kecil akan lebih mudah buang air besar di pagi hari.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed