by

Apakah Makanan Bebas Gluten Baik untuk Penderita Diabetes?

Bila Anda menemukan makanan yang memiliki kemasan bertuliskan gluten free atau bebas gluten, berarti makanan tersebut tidak mengandung protein gluten. Sebenarnya, makanan bebas gluten ditujukan kepada mereka yang memiliki penyakit celiac atau mereka yang memiliki intoleransi terhadap gluten. Ini disebabkan gluten dapat menyebabkan peradangan usus pada penderita celiac.

Lalu, bagaimana jika mengonsumsi makanan bebas gluten, namun tidak memiliki kedua penyakit tersebut, misalnya pada diabetes?

Hubungan antara gluten dan diabetes

Penyakit celiac dan diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun, dan keduanya kemungkinan memiliki dasar genetik yang sama. Penderita diabetes tipe 1 disarankan untuk menjalani tes penyakit celiac untuk mengetahui tingkat kesensitivitasnya pada gluten. Nantinya akan lebih memudahkan saat ingin memulai diet bebas gluten.

Peneliti menyebutkan adanya hubungan antara penyakit celiac dengan diabetes tipe 1. Kedua penyakit ini berhubungan dengan peradangan yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan atau organ dalam tubuh, seperti usus atau pankreas.

Oleh karena penyakit celiac berkaitan dengan autoimun, maka tidak ada kaitan langsung dengan diabetes mellitus tipe 2.

Efek makanan gluten free pada gula darah

Gluten ditemukan pada jenis makanan tinggi karbohidrat karena biasanya berbahan dasar gandum. Makanan tinggi karbohidrat dapat meningkatkan gula darah sehingga diabetesi harus berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Selain itu, dari sebuah penelitian didapatkan bahwa makanan bebas gluten dapat meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh dan meningkatkan volume sel beta pankreas (produsen hormon insulin) di mana hal tersebut baik dalam membantu menurunkan gula darah. Meskipun penelitian tersebut masih dalam uji coba pada hewan.

Jadi, bolehkah penderita diabetes makan makanan gluten free?

Kemungkinan yang paling bisa mendapatkan manfaat dari diet bebas gluten adalah orang yang menderita diabetes tipe 1. Sebab, dikutip dari Healthline, 10% orang dengan diabetes tipe 1 juga memiliki penyakit celiac sehingga lebih dibutuhkan untuk menjalani diet bebas gluten.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed