by

ASI Perah Bau Tengik, Berbahayakah?

doktersehat asip bau tengik
Designed by Freepik

DokterSehat.Com– Bagi ibu yang kerap memerah dan menyimpan ASI perah, mungkin pernah mendapati ASI berbau tengik padahal sudah disimpan dengan cara yang tepat. Selain itu ASI juga masih disimpan dalam waktu beberapa hari dan belum waktunya kedaluwarsa. Lalu, apa penyebab ASI perah bau tengik?

Mengapa ASI perah berbau tengik?

Ibu tentu cemas mendapati ASI perahnya berbau tengik dan terasa seperti sabun meskipun sudah disimpan dengan cara yang tepat. Apalagi ASI perah yang dihasilkan dalam jumlah banyak. Namun ibu tidak perlu panik dan segera membuang ASI perah yang disimpan karena hal ini adalah hal yang normal.

ASI perah berbau tengik disebabkan oleh tingginya kandungan lipase pada ASI. Enzim lipase adalah enzim yang terdapat di dalam ASI dan berfungsi untuk membantu lemak di dalam ASI tercampur rata sehingga mudah dicerna bayi. Enzim ini juga berfungsi sebagai zat utama melumpuhkan protozoa penyebab penyakit. Lipase yang aktif memecahkan lemak inilah yang menimbulkan bau tengik seperti sabun.

Penyebab tingginya kadar enzim lipase dalam ASI

Ada beberapa penyebab mengapa kadar enzim lipase tinggi, namun utamanya hal ini disebabkan karena sistem pencernaan ibu juga memiliki kadar lipase tinggi. Ibu yang mengalami peradangan pankreas, masalah dengan organ empedu, penurunan fungsi ginjal dan mengalami masalah pencernaan lainnya umumnya memiliki kadar enzim lipase tinggi.

Berbahayakah ASI perah dengan enzim lipase tinggi?

Sebenarnya ASI perah dengan enzim lipase tinggi tidak berbahaya bagi bayi. Tetapi beberapa bayi kadang menolak mengonsumsi ASI perah yang berbau tengik. Namun Anda perlu memastikan dulu bahwa ASI p erah yang diberikan memang berbau tengik karena enzim lipase tinggi, bukan karena kedaluwarsa.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed