by

Awas, Diet yang Salah Ternyata Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran

doktersehat-wanita-kepala-pusing-telinga

DokterSehat.Com– Diet adalah salah satu metode menurunkan berat badan yang paling populer dan banyak dilakukan. Hal itu dikarenakan diet telah terbukti hasilnya serta terbilang cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu menekan dan membatasi jumlah makanan yang masuk ke tubuh sehingga kalori serta lemak dapat dikurangi secara perlahan.

Namun, tingginya obsesi untuk membuat badan menjadi lebih kurus menjadikan sebagian orang sangat menggebu terhadap diet. Bahkan tak sedikit pula yang rela melakukan diet ekstrem tanpa memikirkan efek samping yang dihasilkan. Padahal, menurut berbagai penelitian, mengatakan bahwa diet yang salah bisa merugikan, salah satunya adalah terjadi gangguan pendengaran.

Salah satu peneliti asal Channing Division, telah melakukan riset terhadap kurang lebih 80.000 wanita berusia 26 tahun ke atas. Dari hasil penelitian tersebut, terbukti bahwa 40 persen mengalami gangguan pendengaran saat melakukan diet dengan cara yang salah. Sisanya, hanya mengalami gangguan sederhana, seperti pusing, mual, dan melemas.

Hal senada juga disampaikan oleh peneliti yang dikutip dari laman Reuters, bahwa efek samping dari diet adalah bisa membuat telinga menjadi berdengung. Walau hanya sementara, tapi efek tersebut cukup mengkhawatirkan. Sebab, jika diteruskan maka risiko gangguan pendengaran secara permanen pun bukan hal yang mustahil lagi.

Lebih dalam lagi dijelaskan bahwa saat tubuh kekurangan nutrisi dan cairan, maka pembuluh darah yang biasa mensuplai ke seluruh tubuh, khususnya telinga menjadi kacau sehingga menyebabkan gangguan pendengaran. Untuk itu, disarankan setiap wanita yang ingin menurunkan berat badan agar melakukan metode diet yang kaya mikronutrien agar membantuk telinga dalam memertahankan diri dari dalam sehingga tetap dalam kondisi sehat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed