by

Bagaimana Rasa Cemas Bisa Mempertajam Ingatan Kita?

Cemas dan khawatir adalah hal yang wajar, sehingga tidak akan berdampak negatif pada kondisi psikologis seseorang. Namun, rasa cemas kadang dapat membuat Anda sulit melupakan sebuah pengalaman tertentu. Dengan kata lain, rasa cemas dapat mempertajam ingatan Anda.

Bahkan, rasa cemas yang Anda alami bisa membuat Anda mengingat dengan rinci kejadian seminggu yang lalu. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki tingkat kecemasan tinggi punya ingatan yang lebih kuat daripada orang yang tidak mudah cemas.

Rasa cemas bisa mempertajam ingatan seseorang

gangguan cemas atau ansietas

Ketika sedang cemas, Anda dapat Anda mengingat segala sesuatu dengan lebih jelas. Menurut para ahli, kecemasan membuat Anda lebih sensitif terhadap emosi negatif sehingga Anda akan mengingat detail yang sebetulnya biasa-biasa saja dalam sudut pandang negatif.

Sebetulnya belum bisa dipastikan bagaimana kecemasan dapat meningkatkan daya ingat. Namun, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Brain Science menunjukkan bahwa kecemasan dapat membantu otak merekam peristiwa, interaksi, dan percakapan yang terjadi.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kecemasan membuat Anda merasa lebih sadar terhadap apa pun yang terjadi di sekitar Anda, sehingga Anda mampu menangkap detail yang normalnya tidak begitu Anda perhatikan.

Begini gambarannya, Anda sedang tidak mood karena banyak masalah dan Anda pergi ke kafe. Setelah memesan kopi di kafe tersebut, barista bertanya dengan nada biasa, “Kopinya mau pakai susu atau tidak?”.

Karena pada saat itu Anda sedang cemas dirundung masalah, Anda malah mengartikan pertanyaan yang biasa-biasa saja dari barista tersebut sebagai hal yang negatif. Anda mungkin jadi berpikir, “Kenapa, sih, ini orang tanya-tanya terus?” atau, “Perasaan tadi aku sudah bilang cuma mau es kopi, buat apa pakai susu segala?”.

Akhirnya, Anda akan terus mengingat kejadian di kafe tersebut sebagai pengalaman yang negatif. Ketika ditanya orang lain, Anda mungkin akan berkata bahwa pelayanan di kafe tersebut jelek. Padahal kalau waktu itu mood Anda baik, pertanyaan dari barista itu mungkin tidak akan Anda ingat sama sekali.

Apa hubungannya antara rasa cemas dan daya ingat?

atrofi otak

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed