by

Bagi Pemula, Inilah 3 Jenis Yoga yang Bisa Anda Lakukan

Photo Credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Yoga adalah salah satu olahraga yang dilakukan dengan cara menitikberatkan meditasi pada seluruh tubuh untuk mengontrol panca indra secalah keseluruhan. Yoga sendiri sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan telah terbukti bisa memberikan kesehatan fisik serta mental seseorang yang melakukannya. Dari bukti itu, tak heran jika yoga masih sangat populer hingga saat ini.

Semakin hari, semakin banyak yang ingin mengikuti latihan yoga. Hal itu juga yang menyebabkan munculnya berbagai macam jenis yoga belakangan ini. Dari begitu banyaknya jenis yoga, banyak orang yang merasa bingung harus memilih yang mana ketika ingin memulai yoga. Apakah Anda juga merasakan hal yang sama?

Jika Anda adalah pemain baru dalam yoga, sebaiknya Anda mengikuti 3 jenis yoga dasar ini:

1. Pranayama

Dalam yoga pranayama, setiap pelakunya diajarkan teori dasar mengenai yoga, yakni melatih pernapasan. Sebab, konsep utama dari yoga sendiri adalah mengatur pernapasan untuk mendapatkan kesehatan rohani dan jasmani. Nah, pranayama sendiri lebih menekankan latihan napas daripada gerakan-gerakan yang menyulitkan bagi pemula. Untuk itu, jenis yoga ini sangat cocok dilakukan oleh Anda yang belum berpengalaman di dunia yoga.

2. Asana

Setelah berhasil mengatur pernapasan, selanjutnya Anda harus bisa mengatur dan menjaga keseimbangan tubuh dengan cara engontrol semua gerakannya. Nah, teori tentang posisi tubuh tersebut bisa Anda dapatkan dari yoga asana. Dengan mengikuti jenis yoga ini, Anda akan diajarkan bagaimana cara melatih seluruh otot tubuh untuk meningkatkan kekuatan, ketahanan, keseimbangan, serta daya tahan tubuh dalam menghadapi kesibukan sehari-hari.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed