by

Bahaya Makan Mie Instan Saat Berbuka Puasa

doktersehat-mie-instan-bakmi

DokterSehat.Com– Karena mudah untuk dimasak dan memiliki rasa yang enak, cukup banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi mie instan saat berbuka puasa. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, mie instan ternyata tidak cocok untuk dijadikan makanan berbuka.

Hal yang sama berlaku jika kita mengonsumsi mie ayam atau makanan yang cenderung berat lainnya. Meskipun rasanya enak, apalagi jika dikonsumsi saat berbuka puasa bersama dengan teman-teman, hal ini ternyata bisa membuat saluran pencernaan yang sebelumnya tidak diisi oleh makanan atau minuman apapun akan terkejut karena tiba-tiba saja harus bekerja dengan keras. Hal ini bisa membuat perut akan terasa tidak nyaman.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi air putih, kurma, dan hidangan takjil lainnya yang bisa membuat pencernaan beradaptasi dengan makanan dan minuman sebelum kita mengonsumsi makanan besar. Hanya saja, pastikan untuk mengunyah hidangan takjil ini secara perlahan demi membantu kinerja proses pencernaan.

Selain mie instan, pakar kesehatan juga sangat tidak menyarankan kita untuk mengonsumsi junk food saat berbuka puasa. Sudah menjadi rahasia umum jika junk food sangatlah tidak sehat bagi kesehatan karena kaya akan lemak dan kalori namun miskin serat. Hanya saja, jika kita berada di sebuah acara berbuka puasa di restoran junk food, kita bisa mencari salad atau makanan dengan sayur atau buah lainnya agar tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak didapatkan selama berpuasa.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed