by

Baiknya Saat Sahur Atau Berbuka?

Banyak yang masih bingung mengenai waktu yang tepat untuk minum vitamin saat puasa, apakah di waktu sahur atau berbuka. Adakah anjuran dan aturan tertentu untuk minum vitamin saat bulan Ramadan?

Mengapa tubuh butuh minum vitamin saat puasa?

Minum vitamin saat puasa, dirasa cukup penting guna mencukupi kebutuhan mineral dan vitamin saat tubuh berhenti makan dan minum sementara waktu. Tidak semua vitamin bekerja dalam tubuh Anda dengan cara dan di waktu yang sama. Oleh karena itu, ada baiknya Anda tahu aturan dan kapan harus minum vitamin, terlebih ketika puasa dengan jam makan yang terbatas.

Berikut ini merupakan panduan untuk mengetahui jenis vitamin dan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya di kala puasa:

Vitamin yang sifatnya larut dalam lemak, lebih baik dikonsumsi sehabis berbuka

Sebelumnya, ada dua jenis vitamin umum yang larut dalam lemak dan larut dalam air. Nah, untuk vitamin atau suplemen kesehatan yang berjenis larut dalam lemak, baiknya dikonsumsi setelah Anda berbuka puasa. Waktu berbuka puasa atau makan malam merupakan waktu optimal untuk mengonsumsi vitamin larut lemak.

Vitamin yang larut dalam lemak, akan dilarutkan dalam tubuh kita dengan menggunakan lemak dari makanan dalam tubuh. Kemudian, kandungan vitamin tersebut dibawa ke aliran darah untuk memaksimalkan fungsinya masing-masing. Contoh vitamin larut dalam lemak dan bisa dikonsumsi malam hari antara lain termasuk vitamin A, vitamin K, vitamin E, dan vitamin D.

Ketika tubuh kita mendapatkan vitamin yang larut dalam lemak, vitamin tersebut akan disimpan pada organ hati. Maka dari itu, vitamin tersebut paling baik dikonsumsi dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh atau mengandung minyak untuk membantu penyerapan fungsi secara maksimal.

Vitamin yang larut dalam air, lebih baik dikonsumsi waktu sahur

Untuk jenis vitamin yang larut dalam air, baiknya dikonsumsi pada waktu sahur. Minimal Anda bisa mengonsumsinya 30 menit sebelum makan atau 1 jam sesudah makan sahur. Ini disebabkan waktu penyerapan terbaik vitamin yang larut dalam air ketika kondisi perut masih kosong.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed