by

Bangun Tidur Pusing, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Doktersehat-bangun-tidur-pusing

DokterSehat.Com – Banyak penelitian mengungkapkan bahwa tidur bisa membuat tubuh lebih sehat dan segar. Akan tetapi, beberapa orang justru melaporkan ketika mereka bangun tidur—bukan kesegaran yang didapat malah rasa tidak nyaman disertai pusing yang didapatkan.

Pada umumnya, mereka yang terbangun dengan tiba-tiba akan mengalami pusing saat bangun tidur. Beberapa orang yang tidak terbiasa dengan alarm, panggilan telepon, atau suara bising yang memaksa mereka terbangun akan langsung merasakan sakit kepala, detak jantung yang berdebar-debar, hingga mood yang menjadi tidak stabil.

Agar hal ini tidak terjadi, cobalah menenangkan diri sejenak selama tiga menit dengan duduk setelah terbangun untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi sakit kepala.

baca juga: Sering Pusing Karena Tensi Tinggi? Minum Kombinasi Jus ini

Selain itu, jika Anda tidur dengan kondisi haus dan tidak meminum air putih yang cukup, maka Anda akan mengalami dehidrasi dan memicu rasa sakit kepala saat bangun tidur. Cobalah untuk meminum air putih sebelum tidur atau setidaknya menyediakan air putih dekat dengan kasur jika Anda bangun tidur dan merasa haus.

Sementara bagi perempuan, ada baiknya untuk tidur dengan ikat kepala atau bando yang terlepas. Tekanan yang didapatkan rambut bisa menyebabkan sakit kepala.

Sementara itu, tidur dengan rasa cemas dan gelisah yang berlebihan juga bisa memicu sakit kepala ketika Anda bangun tidur. Tanpa disadari, rasa cemas dan gelisah akan memicu pernapasan yang cepat saat tertidur sehingga kandungan oksigen dan karbondioksida dalam tubuh pun menjadi tidak seimbang.

Beberapa orang juga melaporkan bahwa kepala pusing saat bangun tidur juga bisa disebabkan oleh penyakit vertigo. Jika Anda mengalami kondisi ini, ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Penyebab Lain Bangun Tidur Pusing

Kepala pusing saat bangun tidur sering kali berkaitan dengan gejala beberapa jenis penyakit atau gangguan kesehatan seperti:

Pemicunya adalah gangguan pada saraf oksipital yang berada di sekitar saraf tulang belakang dari pangkal leher sampai kepala.

Terasa pada bagian belakang kepala pada arteri basilar.

Tidur malam yang tidak cukup bisa menyebabkan kepala terasa sakit saat Anda bangun tidur. Hal ini dikarenakan tidur malam yang tidak cukup tidak bisa digantikan dengan tidur siang.

Bruxism atau menggemeretakkan gigi saat tidur biasanya terjadi tanpa disadari. Orang yang mengalami bruxism cukup parah dan sering bisa menyebabkan otot pipi, dagu, hingga pelipis tertarik lebih dari biasanya hingga membuat pusing saat bangun tidur.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed