by

Begini Cara Usir Nyamuk Tanpa Risiko Bahan Kimia!

DokterSehat.Com– Seringkali pada saat Anda sedang tidur, segerombolan nyamuk terbang di sekitar telinga dengan mengeluarkan suara khasnya sembari menggigit dan menghisap darah Anda. Dengan begitu, tidurpun menjadi terganggu dan membuat Anda merasa kesal dan segera mencari cara untuk membasmi segerombolan nyamuk tersebut.

doktersehat-malaria-nyamuk-anopheles-plasmodium-chikungunyaTak jarang, semprotan kimia Anda gunakan untuk membasmi nyamuk yang selalu mengganggu tidur Anda. Semprotan kimia memang dipercaya ampuh membasmi nyamuk. Akan tetapi, karena terbuat dari bahan kimia, tentu saja tersimpan efek buruk di dalamnya, salah satunya adalah dapat mengganggu sistem pernapasan yang cukup berbahaya jika dilakukan dalam jangka waktu panjang.

Lalu, bagaimana cara membasmi nyamuk tanpa harus mengganggu kesehatan? Sebenarnya, ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membasmi nyamuk dengan aman, yakni dengan menggunakan bahan alami seperti tanaman. Seperti yang Anda ketahui bahwa bahan alami lebih aman dibanding dengan bahan kimia. Selain menggunakan tanaman, Anda bisa meenggunakan beberapa benda untuk mengusir nyamuk. Berikut adalah 3 cara pengganti semprotan kimia yang bisa Anda gunakan untuk membasmi nyamuk, diantaranya:

Tanaman pertama yang ampuh membasmi nyamuk adalah tanaman lavender. Anda mungkin pernah menjumpai banyak produk pembasmi nyamuk yang terbuat dari tanaman ini. Nyamuk tidak suka dengan aroma lavender, maka tanaman ini bisa Anda pilih untuk dijadikan sebagai pembasmi nyamuk secara alami. Untuk itu, Anda bisa menanam tanaman ini dan letakkan di dalam rumah ataupun taman dekat jendela.

Sama dengan tanaman lavender, nyamuk juga tidak menyukai aroma yang dihasilkan oleh lilin citronella. Anda bisa menyalakan lilin ini sebelum tidur untuk mengusir nyamuk. Lilin citronella memiliki aroma yang tahan lama sehingga nyamuk tidak akan berani mendekat dalam waktu yang lama. Anda bisa mendapatkan lilin ini di pasaran namun perlu diperhatikan bahwa Anda tidak membeli lilin yang mengadung bahan berbahaya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed