by

Bolehkah Mengonsumsi Makanan Berlemak Sebelum Berolahraga?

DokterSehat.Com– Apa yang biasanya Anda konsumsi sebelum berolahraga? Asupan makanan sebelum, saat dan setelah olahraga tentu sangat penting diperhatikan ya. Hal ini secara tidak langsung tentu akan menentukan hasil dan kesuksesan olahraga. Maka dari itu pemilihan bahan makanannya tidak boleh dilakukan dengan asal.

doktersehat-lari-jogging-olahragaSebagian besar tujuan kita berolahraga tentu saja untuk membakar lemak dan membentuk otot tubuh. Hal ini akan efektif jika jenis dan durasi olahraga yang tepat dan tentu saja dengan diiringi pemilihan makanan yang tepat.

Lalu, makanan seperti apa yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga?

Dan apakah benar mengonsumsi makanan yang berlemak sebelum berolahraga justru dianjurkan?

Percaya atau tidak, ternyata suatu penelitian yang dipublikasikan Europan Journal of Nutrition menyebutkan bahwa asupan makanan berlemak sebelum berolahraga justru mampu meningkatkan performa selama berolahraga.

Namun, jangan senang dulu karena ternyata hal ini hanya bisa diterapkan pada atlet yang bergelut dengan bidang olahraga ketahanan tubuh yang berat, misalnya maraton atau angkat besi.

Selain itu, lemak yang dipilih adalah lemak yang berasal dari pangan nabati yaitu kacang-kacangan dan minyak biji-bijian serta olive oil. Hal ini efektif karena umumnya cadangan energi dari lemak para atlet tidak sebanyak orang non atlet.

Pada atlet massa otot tubuhnya lebih besar dari massa lemak. Sehingga asupan lemak sebelum berolahraga akan efektif meningkatkan performa tubuh atlet.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed