by

Dampak Minum Terlalu Banyak Bagi Otak

doktersehat-cara-atur-minum-puasa

DokterSehat.Com– Karena suhu udara yang terlalu panas, kehausan, atau terkena dehidrasi, kita akan cenderung minum air dalam jumlah yang sangat banyak. Memang, banyak minum bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, menurut pakar kesehatan, terlalu banyak minum air juga bisa memberikan dampak kesehatan yang tidak bisa disepelekan.

Dilansir dari Boldsky, sebuah penelitian menghasilkan fakta mengejutkan tentang dampak buruk terlalu banyak minum air bagi otak. Hal ini ternyata bisa membuat level sodium dalam darah menurun hingga ke level yang berbahaya. Bahkan, otak bisa mengalami pembengkakan parah.

Dalam dunia medis, terlalu banyak minum air putih bisa berimbas pada keracunan air. Hal ini disebabkan oleh rendahnya konsentrasi sodium dalam darah dan akhirnya menyebabkan hiponatremia. Gejala dari masalah kesehatan ini adalah mual-mual dan muntah, sakit kepala dan kebingungan, susah bernapas, gangguan otot, kerap buang air kecil, dan perubahan tekanan darah serta denyut jantung.

Jika sampai kadar sodium sangat rendah di dalam tubuh, maka air akan memasuki sel-sel dan membuat sel otak mengalami pembengkakan. Jika hal ini terjadi, dikhawatirkan otak, jaringan otot, dan organ-organ dalam tubuh kita bisa mengalami kerusakan. Selain itu, terlalu banyak minum air juga bisa membuat kinerja ginjal menjadi semakin berat karena harus menyaring air dalam jumlah yang lebih banyak.

Yang tidak diduga adalah, minum air terlalu banyak ternyata juga bisa mempengaruhi kinerja jantung. Hal ini disebabkan oleh volume darah yang juga ikut meningkat sehingga tekanan pada tekanan darah dan jantung juga ikut naik.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed