by

Diet Minum Air Putih Saja Tanpa Makan Apapun Tidak Aman Bagi Tubuh

Anda memang dianjurkan untuk banyak minum air putih supaya tetap sehat. Rajin minum air putih juga dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Berangkat dari situ, banyak yang mengadopsi cara diet ekstrim hanya dengan minum air saja terus-terusan tanpa makan apa pun selama beberapa hari. Awas, menjalani diet minum air putih tanpa makan apa pun justru bisa berbalik membahayakan kesehatan Anda.

Air putih bantu Anda mengendalikan asupan kalori dari makanan

Minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan, meski efeknya tidak langsung. Minum air putih membantu proses detoksifikasi tubuh. Saat Anda cukup minum air putih, ginjal bisa bekerja lebih enteng untuk mengeluarkan racun dan zat sisa yang menumpuk dalam tubuh lewat urin.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga membantu kerja sistem pencernaan lebih lancar untuk mengolah makanan sehingga mencegah sembelit. Ketika Anda kurang minum, usus akan menyerap cairan dari feses untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga Anda sulit buang air besar.

Air membantu metabolisme tubuh Anda bekerja lebih cepat membakar lemak. Minum 8 gelas air putih (± 2 liter) bisa memangkas hingga 100 kalori dalam sehari. Kalori yang berkurang jika Anda minum air dingin bahkan bisa lebih banyak lagi. Memperbanyak minum air putih juga membantu tubuh menghilangkan berat air, sehingga Anda bisa menurunkan berat badan ekstra.

Selain itu, minum air putih juga dapat menekan nafsu makan. Dalam jangka panjang, mmembatasi asupan makanan yang kurang sehat dapat mencegah terjadinya peningkatan kadar kolesterol dan gula darah sehingga membantu menurunkan risiko timbulnya penyakit kronis seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker.

Diet hanya dengan minum air putih hanya boleh dilakukan maksimal 3 hari

Berdiet hanya dengan minum air putih saja tidak boleh dilakukan terlalu lama. Diet yang juga dikenal sebagai water fasting ini biasanya dapat dilakukan mulai dari 24 jam hingga maksimal tiga hari.

Diet minum air putih saja pun sebaiknya dilakukan ketika tubuh Anda sedang dalam kondisi benar-benar sehat, tanpa ada gangguan kesehatan atau penyakit tertentu yang dapat mengganggu proses metabolisme dan pencernaan makanan. Metode water fasting tidak cocok bagi seseorang yang membutuhkan asupan nutrisi yang konsisten dan teratur seperti wanita hamil dan ibu menyusui, serta lansia dan orang-orang dengan diabetes.

Namun, diet minum air putih saja bukan cara menurunkan badan yang sehat

Ketika Anda hanya minum air putih saja terus-terusan tanpa asupan makanan apa pun, tubuh akan membaca situasi ini sebagai kondisi puasa. Artinya, tubuh Anda akan membakar cadangan lemak untuk dijadikan energi darurat. Inilah kenapa diet minum air putih bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Namun perlu diingat bahwa air putih 100% bebas kalori dan tidak memiliki nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti lemak, protein, dan vitamin. Diet ini juga tidak memperkenankan Anda untuk mengonsumsi jenis minuman lainnya seperti kopi, jus, teh, dan susu. Anda benar-benar harus minum air putih saja dalam sehari, dan biasanya berlangsung hingga berhari-hari. Perut kosong dalam waktu lama dapat menyebabkan asam lambung naik yang memicu maag.

Maka dari itu, Anda sebenarnya wajib mempersiapkan tubuh dengan asupan nutrisi yang mencukupi sebelum menjalani water fasting. Boleh mulai kurangi porsi makan dalam beberapa hari menjelang diet air putih, namun tetap pastikan kandungan nutrisinya tinggi. Selain itu, mulailah perlahan dengan minum minuman kaya nutrisi seperti jus atau smoothie di hari-hari awal diet.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed