by

Fakta Berkeringat Bisa Menyebabkan Kerontokan Rambut

doktersehat-berkeringat-sebabkan-kerontokan-rambut
Photo Credit: Pexels.com/Element5 Digital

DokterSehat.Com– Berkeringat, selama ini diartikan sebagai sesuatu yang baik. Ia merupakan proses alami tubuh dalam mengeluarkan racunnya. Namun ternyata diketahui bahwa berkeringat ternyata dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ini disebabkan karena kandungan asam laktat dalam keringat. Dilansir dari Stylecraze, kami berikan informasi lengkapnya untuk Anda berikut ini.

1. Bagaimana Berkeringat Bisa Menyebabkan Kerontokan Rambut?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa asam laktat di dalam keringat yang bercampur dengan keratin di rambut bisa menyebabkan rambut rontok. Sementara, penelitian lainnya menyebutkan bahwa kelenjar keringat mengeluarkan keringat yang bercampur dengan bakteri dan terakumulasi di kulit kepala hingga bisa menyebabkan infeksi jamur. Kondisi inilah yang membuat rambut menjadi rontok.

Selain itu, alasan lain adalah ketika kulit kepala Anda berkeringat, helai rambut mengalami dehidrasi dan akhirnya rontok. Alasan lain adalah keringat di kepala yang bercampur kotoran dapat memblokir pori-pori dan mengganggu folikel rambut. Pada batas tertentu, ini bisa membuat rambut menjadi rontok.

2. Cara Mencegahnya

Jangan khawatir karena masalah kerontokan rambut ini bisa diatasi. Masih dari Stylecraze, ada beberapa cara, yaitu mencuci rambut saat kulit kepala terasa berkeringat lebih banyak dari biasanya sebab cuaca. Mencuci rambut dapat menghilangkan kotoran dan produksi sebum yang meningkat dan bercampur dengan keringat dapat membuat rambut rontok.

Cara kedua adalah dengan melakukan steam pada rambut. Dengan cara ini, pori-pori terbuka dan kotoran serta racun di kulit kepala dapat dibersihkan. Steam rambut juga bermanfaat untuk mengaktifkan folikel dan menghilangkan minyak yang berlebihan di kulit kepala. Selain itu Anda bisa memijat kulit kepala, menghindari mengikat rambut terlalu kuat hingga bisa menyebabkan kulit kepala berkeringat, dan menyisir atau menyikat rambut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed