by

Gejala Speech Delay pada Anak

DokterSehat.Com– Speech delay atau keterlambatan bicara merupakan gangguan perkembangan anak yang sering terjadi. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya stimulasi yang diberikan orang tua pada anak. Kapan anak bisa dianggap mengalami keterlambatan bicara?

Mengenal tahapan anak bicara

Untuk mengetahui apakah anak mengalami keterlambatan bicara. maka perlu diperhatikan dari tahapan dan perkembangan bicara anak seperti berikut ini:

Usia 6-12 bulan

Pada usia ini anak mulai babbling atau melakukan pengulangan suku kata yang sama seperti mamama atau bababa. Anak juga sudah mulai mengulang 3-5 kata yang diucapkan oleh orang tua.

Anda perlu waspada jika pada usia ini anak belum mengeluarkan sepatah kata apapun di usia 12-15 bulan meskipun samar. Jika anak tidak berceloteh atau bergumam seperti orang bicara pada umumnya, tidak tertarik pada mainan baru, maka Anda perlu waspada anak mengalami keterlambatan bicara.

Usia 18 bulan-24 bulan

Pada usia ini kemampuan bicara mulai berkembang dengan pesat. Jika si kecil masih kesulitan untuk menyampaikan keinginannya saat membutuhkan sesuatu dan belum memiliki banyak kosakata, Anda perlu memberinya rangsangan yang mudah diterima anak.

Misalnya, ajarkan anak untuk menyebutkan anggota tubuhnya, atau menyebutkan nama obyek dari foto atau gambar. Anak yang mengalami keterlambatan bicara pada tahapan ini umumnya tidak memiliki penambahan kosakata baru dalam 1 minggu.

Usia 30 bulan

Anak-anak di usia ini sudah mampu menguasai sekitar 400-800 kosa kata dan mampu menyebutkan nama depan. Anak-anak juga mulai dapat menggabungkan antara kata kerja dan kata benda serta mampu mengungkapkan apa yang ia butuhkan atau inginkan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed