by

Gusi Bernanah? Waspadai Abses Gigi!

doktersehat-makanan-yang-merusak-gigi

DokterSehat.Com– Abses gigi atau abses Periapikal adalah penumpukan nanah yang terbentuk di dalam gigi atau gusi. Abses gigi biasanya berasal dari infeksi bakteri, seringkali salah satu yang terakumulasi dalam pulpa lembut gigi.

Bakteri ada di plak, produk sampingan yang dihasilkan dari makanan, air liur, dan bakteri di mulut, yang menempel dan merusak gigi dan gusi.

Jika plak tidak dihilangkan dengan menyikat dan flossing yang teratur dan tepat, bakteri dapat menyebar di dalam jaringan lunak gigi atau gusi. Ini akhirnya dapat menghasilkan abses.

Penyebab Gusi Bernanah

Abses gigi disebabkan oleh serangan sejumlah sel darah putih untuk melawan infeksi. Sekumpulan sel darah putih dan jaringan yang mati akan menjadi nanah. Biasanya nanah yang mulanya berasal dari infeksi gigi akan dialirkan ke gusi sehingga timbul pembengkakan gusi yang berada di dekat akar gigi. Gusi bengkak bernanah juga bisa menyebar ke mulut, kulit, tenggorokan, atau tengkorak, tergantung lokasi gigi yang terkena.

Jenis Abses Gigi

1. Abses gingiva

Abses hanya ada di jaringan gusi dan tidak mempengaruhi gigi atau ligament periodontal.

2. Abses periodontal

Abses ini dimulai pada struktur jaringan tulang pendukung gigi.

3. Abses periapikal

Abses ini dimulai pada pulpa lembut gigi.

Jenis abses akan menentukan tingkat keparahan dan lokasi gejalanya.

Gejala Abses Gigi

Abses gigi ditandai dengan munculnya rasa nyeri saat mengunyah dan gigi terasa sakit. Kemungkinan disertai demam dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher. Bila sudah parah maka akan terjadi pembengkakan di area rahang.

Faktor Risiko Abses Gigi

Faktor-faktor ini dapat meningkatkan risiko abses gigi:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed