by

Hobi Mewarnai Rambut, Hati Wanita Ini Rusak Parah

DokterSehat.Com– Seorang wanita paruh baya dari Harbin, Tiongkok, memiliki hobi mewarnai rambut. Ia mengaku bisa mengganti warna rambutnya setiap bulan dalam 10 tahun terakhir. Tak disangka, kebiasaan buruknya ini membuatnya didiagnosis terkena chemical cirrhosis, kondisi yang menandakan rusaknya organ hati dalam tubuhnya.

doktersehat-kesehatan-rambut-bercabangDikutip dari Oddity Central, wanita yang dipanggil dengan nama Chen ini mengaku sudah mulai memiliki uban sejak usia 30an. Saat usianya memasuki 40 tahun, uban ini semakin parah sehingga memutuskan untuk mewarnai rambutnya. Namun, karena rambutnya tumbuh sangat cepat, Ia pun kerap mewarnai ulang rambutnya demi menutupi uban tersebut.

Dua bulan lalu, Chen yang sedang naik tangga menuju kamar tidurnya di malam hari merasakan ada yang aneh pada tubuhnya. Ia merasa sangat lelah dan sulit bernafas. Begitu sampai di kamar, suaminya melihat kulit dan mata Chen terlihat menguning. Ia pun segera dilarikan ke Department of Infectious Medicine in Harbin.

Tim dokter menyebut tubuh Chen memiliki kadar bilirubin 10 kali lebih banyak dari normal. Ia pun kemudian didiagnosis terkena sirosis, penyakit yang biasanya menyerang orang yang suka minum alkohol atau obat-obatan tertentu yang merusak organ hati. Namun, karena Chen bukan orang yang suka melakukan hal tersebut, dokter pun kemudian bertanya tentang kebiasaannya mewarnai rambut.

Chen dirawat di rumah sakit selama 20 hari. Kondisinya memang terus membaik namun dokter berkata bahwa kondisi hatinya sudah tidak bisa diperbaiki sehingga risiko untuk terkena kanker pun sangat tinggi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed