by

Ini 3 Anggapan yang Salah Tentang Diet Diabetes

DokterSehat.Com– Saat mendengar kata diabetes, kita umumnya beranggapan bahwa penderitanya tidak boleh makan yang manis-manis. Bahkan diet diabetes kerap disebut sebagai diet yang sulit diterapkan. Padahal anggapan-anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

doktersehat-diabetes-makan-nanasBerdasarkan data dari International Diabetes Federation, ada lebih dari 380 juta orang di dunia yang menderita diabetes. Dengan banyaknya jumlah tersebut maka tentu tidak heran jika banyak pula anggapan yang masih keliru tentang diet diabetes.

Untuk itu kita perlu memahami anggapan apa saja yang masih salah terkait diet diabetes. Menurut Aptima Nutrition and Sport Consultans beberapa anggapan tersebut adalah:

  1. Makanan berkarbohidrat tidak baik untuk diabetes

  2. Makanan karbohidrat sederhana, seperti sirup, memang meningkatkan kadar gula darah tubuh. Akan tetapi pemilihan jenis karbohidrat yang tepat, seperti roti gandum, dapat memberikan asupan serat, zink dan potasium yang akan mendukung pemenuhan kebutuhan penderita diabetes dan terkontrolnya kadar gula darah. Pembatasan asupan karbohidrat secara berlebihan justru menyebabkan kadar gula darah tubuh rendah (hipoglikemia) yang malah membuat diet diabetes tidak berhasil.

  3. Tidak bisa mengonsumsi buah karena buah mengandung gula

  4. Gula pada buah atau fruktosa tidak sama dengan gula pasir yang biasa kita tambahkan pada minuman. Gula buah tidak meningkatkan kadar gula darah secepat gula pasir, disamping itu asupan gula buah juga tentu akan diiringi dengan asupan serat yang mampu mampu membantu terkontrolnya kadar gula darah. Akan tetapi pemilihan jenis dan jumlah buah yang boleh dikonsmsi harus disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan tubuh.

  5. Diet diabetes berarti harus meninggalkan gula atau makanan penutup yang manis

  6. Konsumsi gula atau makanan yang manis tidak harus ditinggalkan sepenuhnya, penggunaan gula pengganti disarankan untuk dilakukan secara bertahap dan jika kita ingin mengonsumsi makanan penutup yang manis maka buah segar dapat dijadikan pilihan.

Jadi tidak semua anggapan terkait diet diabetes sepenuhnya benar kan?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed