by

Ini Arti Kandungan Gula Pada Label Kemasan Pangan

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi makanan kemasan? Kita tentu sering mendengar bahwa penting bagi kita untuk memerhatikan apa saja kandunagn gizi pada makanan kemasan melalui labelnya. Namun untuk kandungan gula, bagaimana cara mengartikan angka yang tertera ada pada kemasan?

doktersehat-minuman-buah-pemanis-buatan-juiceGula sangat lazim digunakan untuk berbagai jenis makanan atau minuman kemasan. Pada nutrition facts atau label informasi nilai gizi, kandungan gula bisa dicantumkan dalam berbagai tulisan yaitu gula dari karbohidrat, yang dituliskan “gula”, dan gula tambahan, yang dituliskan “maltosa, glukosa atau sukrosa”. Namum umumnya kandungan gula dicantumkan dengan tulisan gula atau gula total dibawah kandungan karbohidrat.

Meskipun umumnya mudah ditemukan, menurut Union of Concerned Scientists, kita sebaiknya tetap memerhatikan karena bisa jadi jika kandungan gula tambahan dan kandungan gula dari karbohidrat dipisahkan penulisannya. Jika seperti itu maka untuk memperoleh kandungan gula total dijumlahkan terlebih dahulu.

Kandungan gula total pada makanan atau minuman kemasan tentu berbeda-beda, untuk itu penting bagi kita agar bisa menginterpretasikan nilai dari kandungan gula tersebut. Berdasarkan data dari British Dietitian Association, kandungan gula pada bahan makanan diartikan seperti dibawah ini:

  1. Makanan

  2. – Kandungan gula tinggi jika dalam 100 gram makanan terdapat lebih dari 22,5 gram gula.
    – Kandungan gula rendah jika dalam 100 gram makanan terdapat kurang dari 5 gram gula.

  3. Minuman

  4. – Minuman yang tinggi gula memiliki lebih dari 11,25 gram gula dalam 100 ml minuman.
    – Minuman yang rendah gula memiliki kurang dari 2,5 gram gula dalam 100 ml minuman.

Selain kandungan diatas, ada beberapa jenis label kandungan gula khusus untuk makanan yang kandungan gulanya sangat tinggi, yaitu dalam satu porsi saji (dibawah 100 gram) kandungan gulanya lebih tinggi dari rata-rata kandungan gula pada 100 gram bahan makanan. Untuk itu perhatikan apabila ada label khusus terkait kandungan gula pada bahan makanan tertentu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed