by

Inilah Beberapa Manfaat Senam Otak, Coba Yuk!

doktersehat-senam-otak
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Senam adalah sebuah kegiatan atau aktivitas kebugaran dengan cara menggerakkan tubuh guna memperkuat otot dan jaringan sel. Senam sendiri sangat digemari oleh banyak orang, sebab terkesan cukup mudah dilakukan dan memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Nah, ternyata senam tak hanya bisa digunakan pada tubuh saja, tapi juga bisa diterapkan pada otak. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah brain gym atau senam otak, bukan? Secara nalar, otak memang tidak bisa digerakkan, tapi pada brain gym bukan otak yang kita gerakkan, melainkan bagian tubuh lainnya yang langsung terintegrasi dengan otak.

Salah satu gerakan senam otak yang paling sering dilakukan adalah dengan menyeimbangkan gerakan kedua tangan atau jari. Selain itu, senam otak juga bisa dilakukan dengan cara menggambar menggunakan kedua tangan pada waktu bersamaan. Memang terkesan sulit jika tidak biasa, tapi ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan jika sering melakukan brain gym. Apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan Fokus

Saat otak kiri dan kanan saling bekerja, Anda harus bisa fokus dalam pekerjaan itu, sebab jika tidak maka Anda tidak akan bisa menggunakan otak kiri dan kanan secara bersamaan. Misalnya dalam menggambar menggunakan dua tangan, Anda harus benar-benar fokus agar kedua tangan bisa bergerak normal tanpa mengganggu yang lainnya.

2. Meningkatkan Percaya Diri

Menurut hasil penelitian yang dikutip dari Cosmopolitan, orang yang rutin melakukan brain gym memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih baik daripada orang yang tak pernah melakukan brain gym. Hal itu dikarenakan seseorang yang telah mengasah otak menjadi lebih tajam pemikirannya sehingga berada satu level di atas orang lain pada umumnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed