by

Jangan Panik Jika Kena Sengatan Ubur-ubur, Begini Langkah Pertolongan yang Tepat • Hello Sehat

Sekilas hewan ubur-ubur terlihat mirip seperti agar-agar yang terlihat tidak berbahaya. Padahal, kena sengatan ubur-ubur bisa menyakitkan. Namun keberadaan hewan laut yang satu ini sering kali tidak disadari saat seseorang asyik bermain-main di laut, jadi banyak orang yang sering terkena sengatannya.

Sebagian besar kasus sengatan ubur-ubur cenderung tidak berbahaya walaupun menyakitkan. Sebab bagaimanapun, beberapa ubur-ubur melepaskan racun yang kuat ke dalam kulit dan dapat menginfeksi tubuh. Jika tidak segera dibiarkan, hal ini bisa membahayakan manusia bahkan sampai menyebabkan kematian. Lantas, bagaimana pertolongan pertama saat terkena sengatan ubur-ubur?

Katanya air kencing bisa menyembuhkan sengatan, apa benar?

Banyak orang bilang kalau sengatan ubur-ubur bisa disembuhkan dengan buang air kecil di atas luka sengatan. Namun sayangnya, hal ini hanya sekadar mitos belaka.

Nematosit adalah sel kulit ubur-ubur yang mengandung racun dan tersebar di sepanjang tentakel ubur-ubur. Sekali ubur-ubur merasa terancam, tentakel ini akan bergerak menyerang, menyengat, dan memindahkan racun-racun ke tubuh organisme lain. Orang yang terkena sengatan ubur-ubur akan mengalami beberapa gejala seperti kulit terasa gatal, terbakar, berdenyut, hingga melepuh.

Menurut Joseph Burnett, seorang dokter kulit di University of Maryland Medical Center, air asin dapat membantu menonaktifkan racun nematosit yang masih bertahan di dalam tubuh, sedangkan air tawar memberikan efek sebaliknya, yaitu memperparah penyebaran racun.

Nah, banyak yang mengira jika air urine mirip dengan air asin dan bisa jadi penangkal sengatan ubur-ubur. Memang benar, urine mengandung banyak garam dan elektrolit. Akan tetapi, konsentrasi urine yang terlalu encer akan menjadi mirip dengan air tawar.

Jika urine yang cenderung seperti air tawar ini disiramkan ke bagian tubuh yang tersengat ubur-ubur, maka hal ini akan membuat penyebaran racun kian meluas dan bagian tubuh yang tersengat semakin terasa sakit.

Bagian tentakel ubur-ubur mengandung konsentrasi garam dalam jumlah tertentu. Bila bagian ini diberikan air tawar atau urine, konsentrasi garam yang ada di luar tentakel ubur-ubur akan ikut larut dan membuat konsentrasi cairan pada tentakel menjadi tidak seimbang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed