by

Jenis Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Digunakan di Siang Hari

kesehatan-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Sebagai seorang wanita, Anda harus bisa menjaga kesehatan dan kecantikan kulit agar terhindar dari masalah kulit yang bisa mengurangi penampilan Anda. Biasanya, untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, sebagian besar wanita akan melakukan perawatan, baik di salon maupun di rumah dengan menggunakan produk kecantikan.

Jenis produk kecantikan yang sering digunakan adalah jenis produk yang bisa membantu melindungi paparan sinar matahari secara langsung, sehingga waktu pengapikasiannya dilakukan di siang hari. Salah satu jenis produk yang sering digunakan di siang hari adalah sunblok.

Walaupun berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung, namun perlu Anda ketahui bahwa ada bahan-bahan tertentu yang ternyata bisa menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan kulit jika digunakan di siang hari. Berikut diantaranya:

1. Asam Alfa-Hidroksi

Asam alfa-hidroksi merupakan bahan kimia yang dapat menyebabkan sensivitas matahari. Jenis bahan kimia lain yang termasuk ke dalam asam alfa-hidroksi adalah asam glikolat dan asam laktat yang biasa dicampurkan ke dalam produk kecantikan, sepertitoner, serum, dan pelembap. Seperti yang Anda tahu, bahwa jenis produk kecantikan tersebut digunakan setiap hari secara rutin. Sehingga, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilihnya sebagai produk perawatan kulit.

2. Asam Salisilat

Bagi Anda yang mempunyai jerawat, Anda pasti akan memilih produk kecantikan yang berfungsi untuk mengobati dan menghilangkan jerawat. Tahukah Anda, di dalam produk tersebut terdapat kandungan bahan yang berbahaya jika diaplikasikan di siang hari? Bahan tersebut adalah asam salisilat yang termasuk ke dalam keratolitik. Kandungan ini dapat membantu mengelupas yang menyumbat pori-pori dan mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Namun, jangan pernah menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan asam salisilat di siang hari karena dapat menyebabkan kerusakan kulit saat terpapar sinar matahari secara langsung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed