by

Kamu Pernah Berfikir Gak Kenapa Baling Baling Kipas Angin Hanya Ada Tiga? Yuk Simak Penjelasanya

via brilio.net

Serumpi.com – Benda yang satu ini adalah alat rumah tangga yang biasanya ada di rumah-rumah. Benda ini setia berputar-putar untuk membuatmu merasa segar dengan angin yang ia keluarkan. Sadar tidak jika kipas anginmu itu hanya memiliki tiga baling-baling?

Kipas angin adalah teknologi inovasi dari kipas manual yang lebih praktis dan ekonomis. Walaupun tampak sederhana, kipas atau kincir angin ternyata termasuk dalam kategori teknologi tingkat tinggi. Bentuknya didesain sedemikian rupa hingga dapat bekerja sesuai kebutuhan.

Tapi pernahkah terbayang di dalam benakmu kalau kipas angin dan kincir angin itu hanya memiliki tiga baling-baling? Bukankah bisa kalau hanya satu atau dua atau empat sekaligus?

Seperti yang dilansir oleh brilio.net, ternyata ada korelasi mengapa kipas angin didesain hanya mempunyai tiga baling-baling. Apabila kipas atau kincir angin memiliki empat baling-baling atau lebih, hal itu membuat beban daya yang digunakan untuk memacu kipas angin juga tinggi namun dengan hasil angin yang sama dengan tiga baling-baling.

via brilio.net

Jika memang begitu, seharusnya kipas dengan dua baling-baling akan lebih hemat? Namun ternyata tidak. Kipas yang memiliki dua baling-baling ternyata kurang hemat dan ditambah lagi hal itu beresiko. Karena untuk mendapatkan hasil kekuatan angin yang sebesar dengan energi tiga baling-baling maka baling-balingnya dibuat lebih besar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed