by

Khasiat Akar Burdock dalam Merawat Kulit

manfaat-burdock-root-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/fitkitchen

DokterSehat.Com– Perawatan kesehatan tubuh, terutama untuk kulit dengan menggunakan cara yang tradisional memang banyak dipilih. Selain menggunakan bahan-bahan alami yang lebih aman, prosesnya pun terbilang mudah. Terkait dengan hal tersebut, tidak ada salahnya jika Anda berkenalan dengan akar Burdock.

Akar tanaman Burdock ini sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, terutama yang menyerang kulit. Tidak heran jika akar Burdock kini banyak menjadi referensi para produsen kosmetika dalam membuat produk yang ampuh dan efektif dalam menajga kesehatan kulit.

1. Mengatasi Jerawat

Anda yang memiliki jenis kulit rentan berjerawat atau berminyak tidak perlu khawatir. Pasalnya, masalah kulit satu ini bisa diatasi dengan mudah hanya dengan menggunakan ekstrak akar Burdock. Dilansir dari laman Cure Joy, alarm Burdock sensitive dilengkapi dengan kandungan zat bernama polyacetylene. Zat tersebut merupakan zat yang berperan sebagai anti-bakteri. Tidak heran jika akar Burdock dapat membasmi bakteri P. Acnes yang kerap memicu munculnya jerawat.

2. Meredakan Eksim

Tidak hanya ampuh dalam mengatasi masalah jerawat, mengonsumsi akar Burdock yang diseduh menjadi teh juga dapat mengatasi masalah eksim. Penyakit satu ini biasanya disebabkan oleh infeksi jamur yang menjadikan kulit terasa kering dan gatal. Parahnya, penderita eksim juga akan memiliki kulit yang pecah-pecah akibat serangan streptococcus. Kendati demikian, kandungan polyacetylene pada akar Burdock ternyata juga berperan sebagai zat anti jamur yang akan menyembuhkan kulit dan meredakan gejala eksim.

3. Mencegah Penuaan

Lebih lanjut, ternyata akar Burdock juga dilengkapi dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sebagai tambahan informasi, antioksidan sendiri merupakan salah satu zat aktif yang berperan penting dalam melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas. Terutama dari radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari dan polutan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed