by

Manfaat Bambu untuk Kecantikan yang Wajib untuk Diketahui

manfaat-bambu-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Bambu merupakan salah satu tanaman khas Asia. Bahkan, bambu kerap dijadikan sebagai salah satu bahan pengganti kayu. Tidak hanya itu saja, bambu yang masih muda juga bisa disantap sebagai menu makanan yang Melebatkan. Kendati demikian, rupanya masih belum banyak orang yang menyadari jika tanaman yang menjulang tinggi ini memiliki khasiat yang dapat merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Nah, berikut sejumlah manfaat dari bambu yang menjadikan kulit semakin sempurna.

1. Meredakan Peradangan

Dilansir dari laman Look Fantastic, bambu ternyata dilengkapi dengan kandungan zat anti peradangan. Tidak heran jika ekstrak dari bambu biasa digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah peradangan pada kulit. Baik yang disebabkan oleh reaksi alergi atau pun jerawat. Selain itu, menggunakan ekstrak bambu atau pun produk perawatan yang mengandung ekstrak bambu pada kulit yang meradang juga akan mempercepat proses penyembuhan kulit. Tidak heran jika bambu menjadi salah satu bahan alami yang sangat direkomendasikan untuk meredakan peradangan kulit.

2. Mengencangkan Kulit

Selain mengandung zat anti peradangan, bambu ternyata juga dilengkapi dengan kandungan silica. Silica sendiri merupakan salah satu zat alami yang mampu menstimulasi pembentukan kolagen. Seperti yang telah diketahui, kolagen merupakan salah satu bahan penting dalam lapisan kulit yang berperan dalam menjaga kekencangan kulit. Jika lapisan kulit memiliki jumlah kolagen yang mencukupi, bisa dipastikan kulit akan terhindar dari masalah keriput atau kulit kendur.

3. Menjadikan Kulit Tampak Lebih Bercahaya

Selain berfungsi untuk memproduksi kolagen, kandungan silica pada bambu ternyata juga memberikan manfaat lain. Siapa yang akan menyangka jika kandungan silica akan menjadikan kulit tampak lebih bercahaya. Hal ini disebabkan lantaran silica juga mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit sehingga sel kulit yang telah mati akan diluruhkan dan diganti dengan sel kulit yang lebih sehat dan lembap.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed