by

Manfaat Sandalwood Oil untuk Merawat Kesehatan Kulit Secara Alami

DokterSehat.Com– Bicara soal minyak esensial, ekstrak dari bahan-bahan alami ini tentu memiliki jenis yang beragam. Salah satunya adalah sandalwood oil yang diperoleh dari ekstraksi tanaman bernama sandalwood atau yang juga dikenal dengan nama chandan. Sandalwood oil sendiri merupakan bahan alami yang digunakan dalam pengobatan Ayurvedha, pengobatan tradisional khas India. Hal ini lantaran sandalwood oil memiliki aroma yang menenangkan sekaligus kandungan bahan aktif seperti vitamin dan mineral yang sangat beragam. Tidak heran jika minyak esensial satu ini juga dapat merawat kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

minyak-esensial-doktersehatPhoto Credit: flickr.com

1. Cleanser Alami

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari sandalwood oil adalah sebagai cleanser alami. Dilansir dari laman Stylecraze, sandalwood oil bersifat sebagai cicatrizant yang dapat membersihkan kulit secara optimal. Tidak hanya itu saja, mengunakan sandalwood oil pada kulit juga menjadikan kulit terasa lebih segar. Tidak heran jika sandalwood oil kerap digunakan sebagai cleanser, terutama pada penderita jerawat mau pun eksim.

2. Melembapkan Kulit

Kandungan moisturizer yang cukup tinggi pada sandalwood oil menjadikan minyak esensial satu ini menjadi salah satu pelembap alami yang paling ampuh. Tidak hanya mengunci kelembapan kulit secara optimal, sandalwood oil juga membantu kulit agar tidak mengalami breakout. Pasalnya, breakout juga memicu peradangan pada kulit. Sedangkan untuk Anda yang sedang terserang jerawat, breakout justru akan memperparah jerawat dan menyebabkan infeksi yang lebih serius.

3. Meredakan Ruam dan Jerawat

Dilansir dari laman Stylecraze, minyak sandalwood juga menjadikan kulit lebih sehat. Apalagi, minyak sandalwood juga dilengkapi dengan kandungan bahan anti peradangan yang dapat meredakan serta menyembuhkan ruam pada kulit. Baik ruam yang disebabkan oleh masalah jerawat mau pun penyakit kulit lainnya. Anda cukup mengoleskan sedikit minyak sandalwood pada kulit yang mengalami ruam atau pembengkakan. Aplikasikan secara rutin agar kulit kembali normal seperti semula.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed