by

Manfaat Tak Terduga dari Jamur

Manfaat-gizi-jamur-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Dean Morley

DokterSehat.Com– Anda penggemar jamur? Tanaman yang satu ini memang memiliki tampilan dan rasa yang unik, namun tak hanya itu, jamur juga memiliki berbagai manfaat dan kandungan gizi yang penting untuk pemenuhan kebutuhan tubuh sehari-hari, lho.

Berdasarakan data dari WebMD, ada 14.000 jenis jamur yang ada di dunia, meksipun hanya separuhnya yang aman dan boleh dikonsumsi, kita masih memiliki beragam jenis jamur yang bisa kita manfaatkan sebagai bagian dari masakan sehari-hari.

Sebut saja jamur shitake, enoki dan jenis lainnya yang memiliki bentuk rasa dan tekstur yang unik. Lalu, apa saja sih keunggulan yang ada pada jamur?

Pakar kesehatan dan gizi, Kathleen Zelmaan menyebutkan bahwa jamur bisa menjadi salah satu alternatif sayur yang padat gizi.

Hal ini dilihat dari berbagai kandungan dan manfaat unggulan jamur, yaitu:

1. Sumber vitamin dan mineral yang lengkap

Jika sudah memilih jamur sebagai sumber bahan makanan, maka Anda tak perlu pusing lagi memikirkan harus mengonsumsi suplemen atau multivitamin.

jamur-doktersehat
photo credit : pexels.com

Hal ini disebabkan jamur secara umum memiliki kandungan vitamin B kompleks yang lengkap, yaitu vitamin B5, B3 dan B2, vitamin D, serta kandungan mineral penting lain misalnya selenium, kalsium, kalium dan tentu saja serat.

Tak kalah dengan sayur yang lain, jamur juga memiliki kandungan air cukup tinggi yaitu 90%.

2. Memiliki efek obat

Salah satu keunggulan mengonsumsi jamur ketimbang jenis sayur lainnya adalah Anda bisa mendapatkan manfaat yang mirip dengan fungsi obat.

doktersehat-jamur-shitake-kanker-serviks
Photo Credit: frgetmenot

Meskipun belum banyak studi yang membuktikan hal ini, namun bubuk jamur, suplemen atau ekstrak jamur dinilai mampu menjanjikan efek yang mampu membuat tubuh lebih sehat karena mampu menyembuhkan dan mencegah berbagai jenis penyakit. Hal ini tentu sangata menarik, bukan?

3. Kandungan antioksidan yang tinggi

Jamur memiliki dua jenis antioksidan yang paling tinggi diantara jenis sayur lainnya, yaitu ergothioneine dan glutathione. Kedua jenis kandungan antioksidan ini ada cukup tinggi kadarnya pada jamur jenis porcini.

doktersehat-jamur-tiram-oyster-mushroom

Kedua jenis zat antioksidan tersebut mulai diteliti manfaatnya untuk mencegah penyakit parkinson dan alzheimer.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed