by

Mengapa Makanan Manis Memicu Munculnya Jerawat?

DokterSehat.Com– Masalah kulit berjerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi. Biasanya, jerawat disebabkan lantaran kulit memproduksi minyak terlalu berlebihan sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat. Namun, penyebab jerawat tidak hanya dipicu oleh hal itu saja. Sejumlah faktor seperti masalah hormon hingga makanan yang Anda santap setiap harinya juga berpengaruh. Bahkan, makanan yang terbuat dari dairy products dan yang mengandung gula disebut sebagai makanan yang memicu jerawat. Hal ini rupanya tidak sepenuhnya salah karena makanan yang mengandung gula mampu menyebabkan kulit mengalami sejumlah hal berikut.

doktersehat-gula-manis-cokelat-food-craving

1. Menstimulasi Hormon Androgen

Siapa yang menyangka ternyata mengonsumsi makanan manis terlalu sering justru dapat memicu produksi hormon androgen. Sebagai tambahan informasi, hormon androgen merupakan hormon yang dapat memicu munculnya jerawat. Dilansir dari laman Acne Einstein, hormon androgen menjadikan kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih. Hal inilah yang akhirnya membuat kotoran, debu dan bahan asing lebih mudah menempel dan menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, hormon androgen juga mempercepat produksi sel kulit baru yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati.

2. Menyebabkan Peradangan

Penyebab lain mengapa Anda harus mengindari makanan manis jika tidak ingin terserang jerawat lantaran gula dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Dilansir dari laman Acne Einstein, makanan yang mengandung gula dapat menyebabkan hilangnya antioksidan yang menjaga kesehatan kulit. Kondisi inilah yang menyebabkan kulit lebih rentan terserang infeksi bakteri yang juga menyebabkan kulit meradang.

3. Mendukung Perkembangbiakan Candida

Candida merupakan salah satu jenis jamur yang memicu sejumlah masalah pada kulit. Siapa yang menyangka makanan manis justru membuat kulit menjadi media paling ampuh untuk perkembangbiakan jamur satu ini. Tidak hanya jerawat biasa, kulit yang terinfeksi oleh candida juga berpotensi mengalami breakout hingga jerawat yang bernanah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed