by

Menu Makanan Sehat Ibu Hamil Berpuasa

doktersehat-makanan-bumil-puasa

DokterSehat.Com– Puasa bagi ibu hamil merupakan suatu hal yang harus diimbangi dengan pemilihan menu makanan yang cermat ya. Pilihan untuk melakukan puasa berarti memberikan tantangan tersendiri bagi ibu hamil agar tetap menjalankan ibadah dan asupan gizi untuk kesehatan janin dan ibu tetap tercukupi. Lalu kira-kira, menu makanan apa saja sih yang harus dipilih oleh ibu hamil selama berpuasa?

Pemilihan menu makanan yang tepat akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal pula. Untuk itu, ibu hamil sebaiknya memilih menu dari berbagai golongan makanan dengan pemilihan yang tepat.

Beberapa contoh pilihan makanan yang dapat dipilih ibu hamil untuk dikonsumsi selama berpuasa, adalah:

1. Golongan karbohidrat

Ibu hamil lebih dianjurkan memilih makanan berkarbohidrat kompleks ya. Hal ini disebabkan karbohidrat kompleks mengandung serat yang lebih banyak. Serat akan memberi rasa kenyang lebih lama dan baik untuk mencegah sembelit pada ibu hamil.

Untuk itu ibu hamil sebaiknya memilih nasi, roti, nasi merah, roti gandum, atau oatmeal, sebagai bagian dari menu makanan yang akan dikonsumsi pada waktu berbuka hingga sahur.

2. Golongan protein

Protein merupakan salah satu jenis zat gizi yang meningkat kebutuhannya pada masa kehamilan. Ibu hamil yang berpuasa dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan proteinnya dari semua jenis protein, ya, yaitu protein nabati maupun hewani. Mengapa?

Pemenuhan kedua jenis protein ini akan sangat baik untuk memenuhi beberapa jenis zat gizi vital yang penting untuk janin dan kesehatan kehamilan yaitu zat besi, asam folat, kalsium dan zink. Kombinasi konsumsi protein hewani dan nabati pada ibu hamil akan sangat mendukung pemenuhan ketiga jenis zat gizi tersebut.

Untuk itu ibu hamil sebaiknya menjadikan ikan, daging merah, daging unggas, telur, susu dan hati sebagai bagian dari variasi menu makanan harian.

Sedangkan protein nabati yang sebaiknya dipilih dalam menu harian adalah kacang-kacangan, baik dalam bentuk utuh atau olahan, misalnya kacang kedelai utuh, kacang merah, edamame, tempe, tahu atau selai kacang.

3. Sumber lemak

Ibu hamil juga tetap perlu mengonsumsi sumber lemak, lho. Ya, meskipun kerap dianggap tidak sehat, nyatanya ibu hamil tetap dianjurkan mengonsumsi sumber lemak baik, utamanya saat puasa.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed