by

Pekan Glaukoma Sedunia, Bisakah Glaukoma Dicegah Dengan Suplemen Vitamin?

DokterSehat.Com– Tahukah Anda bahwa tanggal 11-18 Maret adalah Pekan Glakoma Sedunia (World Glacumoa Week)? Pekan ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran kita akan bahaya dari glaukoma. Kira-kira apakah glaukoma bisa kita cegah dengan konsumsi suplemen vitamin?

Glaukoma-doktersehatGlaukoma adalah penyakit pada mata yang ditandai dengan gejala berupa peningkatan tekanan pada bola mata, sehingga dapat menyebabkan kerusakan saraf mata hingga kebutaan.

Untuk itu berbagai cara dari segi medis kian gencar dipromosikan agar kita mampu mencegah terjadinya glaukoma. Namun selain dari segi medis, mulai banyak orang yang tertarik untuk mencegah glaukoma dari segi diet atau asupan vitamin.

Penelitian yang dilakukan oleh University of California dan Stanford University, menunjukkan bahwa ada hubungan antara asupan vitamin dengan pencegahan terjadinya glaukoma.

Penelitian tersebut dilakukan dengan metode potong lintang yang melihat asupan berbagai jenis vitamin pada lebih dari 2000 partisipan yang dihubungkan dengan kejadian glaukoma. Hasilnya asupan vitamin A dan E yang cukup dalam serum dapat mencegah terjadinya glaukoma, sedangkan vitamin C dalam bentuk suplementasi mampu mengurangi keparahan glaukoma.

Selain itu, menurut Alaina L, pakar kesehatan dari Mayo Clicic, asupan vitamin B dari bahan makanan segar mampu menurunkan risiko terjadinya glaukoma. Namun penggunaan suplemen vitamin B terbukti tidak memberikan manfaat pencegahan glaukoma seperti dari bahan makanan segar. Selain vitamin B juga perlu diimbangi dengan asupan serat yang cukup serta sayur berdaun hijau.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed