by

Penanganan Kepala Bayi Terbentur – Dokter Sehat

doktersehat kepala bayi terbentur
Designed by Freepik

DokterSehat.Com– Orang tua pasti panik jika melihat bayinya terbentur. Bayi belum memiliki koordinasi dan kendali otot yang sempurna sehingga rawan mengalami cedera seperti terbentur. Sebenarnya, bagaimana penanganan yang tepat pada bayi yang terbentur? Benarkah harus segera dibawa ke rumah sakit?

Penanganan bayi terbentur

Melihat bayi terbentur atau mengalami cedera kepala pasti membuat orang tua khawatir. Namun pada beberapa kasus, cedera karena terbentur jarang menyebabkan luka serius pada otak atau cedera otak. Sebagian besar cedera pada bayi mengakibatkan memar, luka sobek, atau benjol.

Untuk bayi yang mengalami benjol, Anda bisa mengatasinya dengan memberinya kompres dingin pada bagian yang benjol. Benjol yang tampak umumnya hanya terjadi di bagian kulit kepala dan tidak membahayakan otak. Benjol dapat mereda selama beberapa jam setelah dikompres hingga beberapa hari ke depan.

Sedangkan jika bayi memiliki luka terbuka, bersihkan luka tersebut dengan air hangat dan sabun bayi. Setelah bersih dan kering, oleskan salep luka khusus untuk bayi lalu tutup dengan plester atau kain. Plester harus rutin diganti untuk mempercepat proses penyembuhan.

Luka sobek pada bayi termasuk aman atau tidak perlu dikhawatirkan jika panjang luka kurang dari 1 cm dan pendarahan saat luka apat berhenti dalam waktu singkat.

Kapan bayi harus dibawa ke rumah sakit karena terbentur?

Jika bayi terbentur, beberapa gejala yang perlu Anda waspadai adalah jika anak tiba-tiba mengalami kehilangan kesadaran, muntah, sulit dibangunkan saat tidur, sulit bernapas, telinga berdenging dan munculnya perdarahan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed