by

Pilih Duduk Dekat Jendela Pesawat, Jika Ingin Lebih Sehat

Tempat duduk mana yang menjadi favorit Anda ketika naik pesawat, duduk dekat jendela atau dekat lorong? Bila Anda lebih suka duduk dekat jendela, maka pilihan Anda sangat tepat. Pasalnya, tempat duduk pilihan Anda ini dapat membuat Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Bagaimana bisa? Berikut penjelasannya.

Duduk di dekat jendela pesawat ternyata lebih sehat

Selama naik pesawat, Anda terhubung dengan banyak orang di dalam satu ruangan yang cukup luas. Hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya penyebaran penyakit di dalam ruangan pesawat. Anda mungkin menjadi cemas dan takut tertular flu, batuk, atau penyakit lainnya dari penumpang yang duduk di dekat Anda.

Anda sebaiknya tak perlu cemas dulu. Sebab, kemungkinan penularan penyakit tersebut ternyata bisa dihindari dengan memilih posisi tempat duduk yang tepat selama penerbangan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Proceedings of the National Academy of Science menemukan bahwa penumpang yang duduk di lorong lebih mungkin untuk tertular penyakit daripada orang yang duduk di dekat jendela pesawat.

Sebanyak 80 persen penumpang yang duduk di dekat lorong cenderung lebih sering bergerak, misalnya ke toilet atau sekadar memeriksa barangnya di kabin pesawat.

Di sisi lain, hanya sekitar 43 persen penumpang yang duduk dekat jendela yang bangun dari tempat duduknya selama penerbangan. Ini artinya, orang yang duduk dekat lorong lebih mudah melakukan pergerakan atau berpindah tempat ketimbang orang yang duduk dekat jendela.

Di akhir penelitian, para ahli menyimpulkan bahwa orang yang duduk di area lorong justru berisiko terserang penyakit ketimbang orang yang duduk di dekat jendela.

Mengapa duduk di area lorong justru berisiko kena penyakit?

Meskipun Anda lebih leluasa untuk bergerak saat duduk di dekat lorong, tapi Anda lebih berisiko untuk tertular penyakit. Pasalnya, duduk dekat lorong membuat Anda lebih mudah menangkap kuman atau virus lewat sentuhan dengan orang yang berlalu-lalang, baik itu penumpang maupun pramugari yang sedang bertugas, daripada saat duduk dekat jendela.

Beberapa penyakit seperti flu dan batuk dapat mudah ditularkan melalui droplet yang berisi virus. Saat seseorang batuk atau bersin, cipratan air liur yang mengandung virus dapat dengan mudah menempel di permukaan baju, tangan (bila Anda langsung menutupnya dengan tangan), atau bahkan langsung terhirup oleh orang lain, termasuk Anda.

Bila Anda duduk dekat lorong, maka Anda akan lebih mudah bersentuhan dengan orang yang berlalu-lalang yang mungkin sedang sakit atau membawa virus penyakit.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed