by

Sedang PMS? Ini Makanan Yang Bisa Mengatasinya

DokterSehat.Com– Anda sedang mengalami PMS? Premenstrual Syndrome atau PMS memang sangat menganggu para wanita. Kebanyakan wanita mengatasi hal ini dengan mengonsumsi obat atau pereda nyeri, namun ternyata PMS juga bisa diatasi dengan memilih makanan yang tepat.

doktersehat-sakit-perut-haid-haids-mestruasi-radang-usus-buntuMenurut data dari Royal College of Obstetricians & Gynaecologists, PMS merupakan berbagai gejala yang timbul secara fisik dan emosional saat akan menjelang datangnya masa menstruasi. Sebenarnya dengan berakhirnya masa menstruasai maka gejala PMS juga akan berkurang, namun sebanyak 8-20% wanita merasa perlu untuk mengatasi PMS dengan penanganan yang tepat.

Level hormon pada tubuh saat sedang PMS disebut menjadi salah satu penyebab munculnya PMS. Produksi hormon dalam tubuh tersebut secara tidak langsung terpengaruh oleh asupan vitamin, mineral dan asam lemak esensial, sehingga beberapa jenis asupan makanan yang tepat dapat membantu meringankan gejala PMS.

Menurut British Dietitian Associaton beberapa jenis makanan yang mampu mengatasi gejala PMS adalah:

  1. Makanan yang rendah indeks glikemik (IG)

  2. Sebelum memasuki masa menstruasi makanan yang baik dipilih adalah makanan yang kandungan IG-nya rendah. Makanan ini akan membantu mengurangi gejala PMS dengan mengatur kadar gula darah tubuh. Asupan makanan yang rendah IG berhubungan dengan pengurangan tanda-tanda infeksi pada sel tubuh yang biasanya memicu atau memperparah gejala PMS. Beberapa contoh makanan rendah IG adalah kembang kol, selada, kubis, apel, pir, roti dan kacang kedelai.

  3. Makanan kaya vitamin dan mineral
  4. Vitamin B,D, zat besi dan zink adalah jenis zat gizi yang mampu mengurangi keparahan risiko PMS. Vitamin B dan D dengan asupan yang cukup akan membantu mengurangi inisiden gejala PMS hingga 35%. Sedangkan asupan zat besi dan zink yang tidak terpenuhi akan meningkatkan terjadinya keparahan PMS.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed